KKP Terbanyak Tenggelamkan Kapal <i>Ilegal Fishing</i> dari Vietnam
Sejumlah warga sedang menyaksikan penenggelaman kapal. (FOTO: ANTARAFOTO/Izaac Mulyawan)
Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menenggelamkan 363 kapal pelaku ‎illegal fishing selama periode 2014-2017. Pada periode tersebut, kapal illegal fishing banyak datang dari Vietnam.

Hal itu disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo, ditemui dalam konferensi pers di kawasan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

‎"Dari Vietnam ada sebanyak 188 kapal illegal fishing yang ditenggelamkan, kemudian 77 kapal illegal fishing dari Filipina, lalu ada 52 kapal illegal fishing dari Malaysia, lalu ada 22 kapal illegal fishing dari Thailand, dari Indonesia ada 19 kapal illegal fishing yang ditenggelamkan, dan masih ada beberapa negara lagi," ungkap dia.

Sedangkan penenggelaman kapal di 2017, Nilanto menyebutkan setidaknya KKP telah menenggelamkan sebanyak 127 kapal. Penenggelaman bekerja sama dengan TNI AL dan Polri melalui koordinasi Satgas 115.

"Penenggelaman kapal di tahun lalu, ada 90 kapal Vietnam, 19 kapal Filipina, 13 kapal Malaysia, empat kapal Indonesia, dan satu kapal dari Thailand," jelas dia.

Adapun dari sebanyak 127 kapal yang diten‎ggelamkan, kata dia, merupakan hasil penangkapan 132 kapal yang terbukti melakukan illegal fishing, terdiri dari 86 kapal perikanan asing (KIA), dan 47 kapal lainnya yang merupakan kapal perikanan Indonesia (KII).

"Sejumlah kapal asing yang ditangkap tersebut didominasi oleh kapal berbendera Vietnam sebanyak 68 kapal, Filipina sebanyak lima kapal, Malaysia sebanyak 11 kapal, dan Timor Leste sebanyak satu kapal," tutur dia.

Langkah penenggelaman dan penangkapan, lanjut dia, merupakan sumbangsih dan bukti nyata dalam mewujudkan kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan. "Ini capaian kinerja yang telah kami lakukan sejak 2017 dalam menangani berbagai kegiatan ilegal di sektor kelautan dan perikanan," pungkasnya.‎

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id