Paulus, Pelajar SMP Jayapura Raih Uang Tabungan Rp500 Ribu dari Presiden Jokowi. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)
Paulus, Pelajar SMP Jayapura Raih Uang Tabungan Rp500 Ribu dari Presiden Jokowi. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Pelajar SMP Jayapura Raih Uang Tabungan Rp500 Ribu dari Jokowi

Ekonomi menabung
Husen Miftahudin • 31 Oktober 2016 11:17
medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia gemar menabung di berbagai produk dan jasa keuangan sejak dini. Hal itu dimaksudkan agar rasio saving terhadap PDB Indonesia semakin tinggi, mengingat rasio yang dimiliki Indonesia hanya sekitar 31 persen.
 
Saat memberi pidato dalam acara 'Ayo Menabung', orang nomor satu RI tersebut memanggil Siswa SMP YPPK Santo Paulus, Jayapura, Paulus Rumangkito. Siswa kelas 9 tersebut merupakan salah satu pelajar yang mulai menabung sejak dini.
 
Paulus mengaku telah menabung sejak setahun lalu. Dia menabung setiap bulan sebesar Rp1.000 hingga Rp5.000 di Bank Tabungan Negara (BTN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rp1.000 samapai Rp5.000 disisihkan dari uang jajan," aku Paulus malu kepada Jokowi di hadapan para peserta acara 'Ayo Menabung', Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/10/2016).
 
Saat Jokowi menanyakan jumlah uang yang ada di tabungannya, Paulus dengan tegas menjawab rahasia. Namun begitu, Jokowi sudah bisa memperkirakan jumlah tabungan yang ada di rekening Paulus.
 
"Mau dipakai apa tabungannya nanti? Kuliah. Nah, seperti ini yang harus dicontoh. Nanti tabungannya saya tambah Rp500 ribu," ujar Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan peserta di JCC.
 
Menurut Jokowi, hal yang dilakukan Paulus harus dicontoh oleh pelajar lainnya. Meskipun hanya menabung dengan jumlah kecil yang disisihkan dari uang jajannya sehari-hari, namun hal tersebut bisa dipakai untuk kebutuhan penting nantinya, seperti masuk ke universitas yang diinginkan.
 
"Kebiasaan seperti ini, semua pelajar harus memiliki. Meskipun seribu, lima ribu, tiga ribu, tabung, tabung, tabung. Karena bisa dapakai untuk sekolah yang lebih tinggi, bisa untuk kuliah ke universitas," pungkas Jokowi.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif