Jagung. MI/Bagus.
Jagung. MI/Bagus.

Harga Jagung Mulai Turun

Ekonomi jagung
Eko Nordiansyah • 21 Februari 2019 15:56
Jakarta: Anggota Presidium Agri Watch Dean Novel menyebutkan harga jagung saat ini sudah mulai menurun. Sebelumnya harga jagung mengalami kenaikan sehingga memaksa pemerintah untuk membuka impor jagung demi memenuhi kebutuhan peternak.
 
"Sekarang bertahap turun sudah satu minggu ini. Turun yang pertama minggu lalu," kata Dean dalam diskusi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Februari 2019.
 
Dirinya menambahkan, sebelumnya harga per kilogram (kg) jagung berada di level Rp6.000 kemudian turun menjadi Rp5.000. Sementara di Lombok, menurut dia, peternak membeli jagung seharga Rp4.500 hingga Rp4.700 per kg, dari sebelumnya sebesar Rp6.200 per kg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dean berharap ketika impor jagung masuk, maka tidak langsung digelontorkan ke pasar melainkan disimpan lebih dulu oleh Perum Bulog. Langkah ini diharapkan tetap bisa menjaga harga jagung, karena dalam waktu dekat petani jagung juga akan memasuki musim panen raya.
 
"Dengan panen raya sekarang ini yang puncaknya Maret akan lebih murah jagung lokal akan di bawah itu, idelanya kan nyerap jagung lokal. Mudah-mudahan jagung impor tidak dilepas sekarang, kalau dilepas sangat berbahaya karena ini puncak panen yang sangat hebat," jelas dia.
 
Meski begitu, dirinya mengakui jagung impor lebih siap untuk dijual ke pasar sementara jagung lokal masih butuh proses pengeringan dan lainnya. Jika begitu, Dean menginginkan jagung lokal bisa disimpan oleh Bulog untuk stok sampai akhir tahun sehingga tidak ada impor lagi.
 
"Harusnya impor kan satu bulan sebelum panen atau dua bulan setelah panen itu impor. Jadi begitu cocok untuk itu karena kita lagi masa menanam. Panen itu Maret siklusnya seperti itu, harusnya sebagai pemerintah sudah hafal siklus ini bukan tahun kemarin tapi siklus, jadi sudah antisipasi tahun lalu," pungkasnya
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif