Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

Taspen Ajak Pensiunan Berwirausaha

Ekonomi taspen
Eko Nordiansyah • 16 Januari 2019 12:32
Bogor: PT Taspen (Persero) mengajak para pensiunan serta aparatur sipil negara (ASN) yang akan masuk masa pensiun berwirausaha. Langkah ini dimaksudkan agar pensiunan ASN memiliki penghasilan meskipun masa kerjanya di pemerintahan telah selesai.
 
Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan pihaknya bekerja sama dengan mitra bank yang menyalurkan dana pensiun. Bahkan mitra Taspen bersedia memberikan pendampingan bagi calon pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).
 
"Jadi hampir semua bank mitra kita punya program pembinaan bagi UMKM. Karena pensiunan yang dibayarkan melalui bank tertentu, biasanya diarahkan untuk mengambil kredit dari bank itu," kata dia dalam 'Program Wirausaha ASN & Pensiunan' di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 16 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan pendampingan bagi wirausaha baru menjadi penting. Apalagi Presiden Joko Widodo dalam kesempatan yang sama menekankan, jangan sampai uang pensiunan yang digunakan sebagai modal usaha diberikan tanpa pendampingan untuk berkembang.
 
"Tidak sekadar diberikan, tidak sekadar mengambil tapi diberikan pendampingan. Bagi Bank Himbara mereka siap memberikan pendampingan, jadi hampir semua mitra punya program pendampingan. Termasuk (bantuan) modal, cara pemasaran, itu pendampingan," jelas dia.
 
Menurut dia, saat ini ada 2,7 juta pensiunan ASN di seluruh Indonesia. Dari total tersebut 70 persen di antaranya memiliki ketergantungan pendapatan pada orang lain setelah masuk masa pensiun, sementara sisanya harus kembali bekerja agar tetap memiliki penghasilan.
 
"Maka dari itu program ini diharapkan membangkitkan semangat ASN untuk menjadi wirausaha. Untuk bisa berhasil mengoptimalkan sumber daya yang ada, berani mengambil risiko, kreatif, dan berdaya saing," pungkasnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi