NEWSTICKER
Ilustrasi Gedung WiKA. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi Gedung WiKA. (FOTO: Medcom.id)

Holding Akan Naikkan Kapasitas WIKA

Ekonomi wijaya karya holding perumahan
Annisa ayu artanti • 08 Februari 2019 13:02
Jakarta: PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) meyakini pembentukan holding BUMN perumahan akan meningkatkan kapasitas perusahaan menjadi lebih besar. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengebut pembentukan holding tersebut.
 
Direktur Utama Wika Tumiyana mengatakan, pembentukan holding akan membuat perusahaan-perusahaan anggota holding lebih terkonsolidasi. Melalui pembentukan holding itu maka bisnis model yang dikerjakan akan semakin besar.
 
"Saya sampaikan kalau holding ini akan meng-utilize kemampuan perusahaan jauh lebih besar," kata Tumiyana, saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 8 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Tumiyana juga mengakui dalam pembentukan holding memilikibeberapa tantangan yang dihadapi. Ia menyebutkan salah satunya adalah kesiapan sumber daya manusia.
 
"Kita menyiapkan sumber daya harus cukup untuk bisa merealisasi dari kemampuan perusahaan yang ada," ucap dia.
 
Rasio keuangan misalnya, Tumiyana melanjutkan rasio keuangan akan bisa baik jika ada kekuatan dari sumber daya manusia di dalam holding.
 
"Rasio keuangan itu bisa baik atau normal kalau diutilisasi dengan orang-orang yang ada di dalamnya dengan kekukuatan maksimal," imbuh dia.
 
Tumiyana menambahkan sejauh ini perkembangan pembentukan holding masih menunggu payung hukum. Draf peraturan pemerintah tersebut saat ini masih digilir untuk mendapatkan tanda tangan menteri terkait.
 
"Kalau itu sudah kan langsung gerak (dibentuk), Dari Setneg nanti seluruh menteri terkait paraf habis itu peraturan pemerintah jalan," pungkas dia.
 
Seperti diketahui, induk holding perumahan adalah Perum Perumnas dan anggota holding adalah PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), PT Amarta Karya, PT Bina Karya, dan PT Indah Karya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif