Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Supit (tengah). FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Supit (tengah). FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Bisnis Waralaba Perlu Memperkuat Jaringan

Ekonomi dunia usaha pameran waralaba
Ilham wibowo • 13 September 2019 13:21
Jakarta: Ratusan pelaku usaha di industri waralaba nasional maupun internasional kembali berkumpul di Jakarta Convention Center (JCC) 13-15 September 2019. Beragam produk maupun jasa ditampilkan untuk terus memperluas pasar.
 
Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Supit mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memajukan dan mempromosikan waralaba lokal ke mata dunia. Kedatangan peserta dari berbagai negara pun membuka peluang yang besar untuk menunjukkan seluruh brand waralaba lokal terbaik Indonesia.
 
"WALI hadirkan pameran ini untuk wadah pelaku usaha waralaba Indonesia kembangkan bisnis dan menambah jaringan," kata Levita saat membuka Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) di Hall B JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menempati area pameran seluas lebih dari 9.000 m2, pameran bisnis ini diikuti oleh peserta dari 20 negara di Asia maupun Eropa. Calon pengusaha waralaba yang hadir bakal disuguhkan lebih dari 350 brand usaha baik pendukung usaha ritel maupun kafe.
 
Menurut Levita, acara ini diharapkan mampu menjadi solusi bisnis terpadu bagi para pelaku usaha atau calon pengusaha dalam memulai dan menjalankan bisnisnya. Para peserta dari luar negeri juga diharapkan tertarik untuk membuka waralaba di negara asal mereka.
 
"Kami sangat gembira dapat menyambut seluruh peserta dari berbagai negara, dengan bertemunya para pengusaha lokal dan internasional dalam satu atap, kami berharap acara ini mampu menjembatani para pengusaha untuk membangun kerja sama, bertukar pengetahuan dan melihat peluang bisnis di masa depan," paparnya.
 
Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya peningkatan nilai tambah terutama produk Indonesia. Pengusaha waralaba Tanah Air pun diminta tak ragu berekspansi hingga ke mancanegara.
 
"Kemendag punya perwakilan di beberapa negara, ada atase perdagangan dan ITPC, silakan manfaatkan untuk meningkatkan bisnis waralaba. Kami mendukung penuh program yang dicanangkan pada bisnis waralaba," ungkapnya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Perdagangan Benny Soetrisno menambahkan ekspor dari usaha waralaba Indonesia sangat diharapkan bisa terjadi lebih banyak. Dukungan pemerintah perlu dimanfaatkan maksimal dengan menghadirkan produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.
 
"Pengunjung akan disuguhi berbagai kegiatan dan ini pencerahan bagi kita dalam situasi ekonomi yang masih selalu bergejolak karena perang dagang dan pergantian pemerintahan di Indonesia," tuturnya.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif