NEWSTICKER
Ilustrasi Bank Permata. Foto: dok MI.
Ilustrasi Bank Permata. Foto: dok MI.

Bangkok Bank Siap Lanjutkan Bisnis Permata

Ekonomi bank permata astra international
Eko Nordiansyah • 13 Desember 2019 07:47
Jakarta: Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) akan tetap melanjutkan fokus bisnis yang selama ini dijalankan oleh PT Bank Permata Tbk. Masuknya Bangkok Bank setelah menyepakati akuisisi 89,12 persen saham akan memperluas cakupan bisnis di Permata ke depannya.
 
"Akuisisi oleh Bangkok Bank akan mendorong pemanfaatan keahlian kami dalam perbankan korporasi dan UKM, jaringan dan hubungan yang solid dengan perusahaan-perusahaan papan atas di kawasan Asia, serta keahlian produk lintas batas dan sektoral," kata Presiden Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich dalam konferensi pers di Hotel Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Desember 2019.
 
Bangkok Bank akan terus mendukung nasabah Permata dengan memberikan produk dan layanan berkualitas tinggi dan mempromosikan inklusi keuangan dan literasi keuangan. Bangkok Bank juga berkomitmen untuk mendukung korporasi dan UKM lintas industri (termasuk sektor pertanian dan otomotif) dalam mencapai tujuan bisnis mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengakui terdapat peluang nyata sinergi antara kedua platform. Dengan kehadiran yang luas di Asia, Bangkok Bank akan menciptakan kapasitas lintas-batas di pasar-pasar utama Asia kepada para klien Permata. Hal yang akan menjadi penting mengingat meningkatnya integrasi regional, di kawasan ASEAN dan wilayah Tiongkok Raya.
 
"Saya juga sangat senang melihat Astra tetap mendukung kelanjutan kerjasama bisnis yang sudah ada antara Permata dan Astra Group dalam beragam platform dan produk," jelas dia.
 
Selain itu Bangkok Bank akan melanjutkan kemitraan antara Permata dengan Astra Internasional meliputi pengembangan pendanaan bersama, penggajian, dan pinjaman kepada karyawan Astra. Permata juga akan mengembangkan kemitraan bancassurance dengan Astra Aviva Life.
 
Bangkok Bank mengeluarkan dana Rp37,43 triliun untuk akuisisi 89,12 persen saham Bank Permata. Hal ini berdasarkan nilai buku Permata pada 30 September 2019, harga pembelian indikatif Rp1.498 per saham sehingga untuk kepemilikan 100 persen saham harus menyiapkan dana Rp42 triliun.
 
Bangkok Bank berharap transaksi ini akan selesai pada 2020. Bangkok Bank mengantisipasi penawaran tender wajib (mandatory tender offer) untuk sisa 10,88 persen saham di Permata setelah merampungkan akuisisi saham kepemilikan sebesar 89,12 persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif