BI Catat Uang Keluar hingga Lebaran Rp191,3 Triliun
Ilustrasi. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat uang tunai yang dikeluarkan sampai dengan Lebaran mencapai Rp191,3 triliun. Jumlah uang keluar ini ternyata melebihi perkiraan bank sentral sebelumnya.

Sebelumnya untuk periode Ramadan-Lebaran tahun ini, BI menyediakan Rp188,2 triliun. Ketersediaan uang tunai mengalami peningkatan sebesar 15,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp163,2 triliun.

"Kita lihat karena liburnya panjang yang Rp188,2 triliun, itu ternyata yang keluar Rp191,3 triliun," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi ditemui di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Juni 2018.

Dirinya menambahkan, tak ada masalah dengan kelebihan uang yang dikeluarkan dari BI. Rosmaya memperkirakan dalam dua pekan ini uang beredar akan kembali masuk ke BI sehingga tak ada jumlahnya tetap memadai.

"Dalam dua minggu, biasanya 90 persen (uang yang keluar kembali masuk ke BI). Di waktu dua hari itu sudah masuk Rp23,4, sudah balik lagi (ke BI). Itu yang selama operasi terbatas selama 19-20 Juni ya," jelas dia.

Selain itu, dirinya mengklaim persebaran uang tunai Rp191,3 triliun mencapai beberapa wilayah. Namun porsi terbesarnya memang masih berada di Jawa yaitu mencapai 50,4 persen dari total uang yang keluar.

"Semua tersebar dengan baik. Memang yang paling besar di Jawa, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Kemudian juga ada di Palembang, ada Sumatera tapi memang paling besar di Jawa, 50,4 persen di Jawa," pungkasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id