Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik Suryo Utomo jadi Dirjen Pajak. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan Sri Mulyani melantik Suryo Utomo jadi Dirjen Pajak. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Suryo Utomo Jadi Dirjen Pajak ke-18

Ekonomi ditjen pajak dirjen pajak
Eko Nordiansyah • 01 November 2019 10:13
Jakarta: Suryo Utomo resmi dilantik sebagai direktur jenderal (dirjen) pajak oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Suryo menggantikan posisi Robert Pakpakan yang memasuki usia pensiun sejak 20 Oktober lalu.
 
Suryo menjadi dirjen pajak ke-18 setelah sebelumnya Direktorat Jenderal Pajak pernah dipimpin oleh Ken Dwijugiasteadi, Darmin Nasution, Hadi Poernomo, Fuad Bawazier, sampai dengan Mar'ie Muhammad.
 
Dilansir Medcom.id, Jumat, 1 November 2019, Suryo sebelumnya merupakan Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kepatuhan Pajak sejak 1 Juli 2015. Dirinya pernah dipercaya menjadi Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian sejak 31 Maret 2015.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2010, Suryo menjadi Direktur Peraturan Perpajakan I. Sementara pada 28 Maret 2009 dirinya dipromosikan menjadi Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah I.
 
Suryo juga pernah menjadi Kepala Kantor Pelayanan Pajak Wajib Pajak Besar Satu pada 2008, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Penanaman Modal Asing Tiga pada 2006, dan dipromosikan menjadi Kepala Subdirektorat Pertambahan Nilai Industri pada 2002.
 
Dalam empat tahun terakhir Suryo terlibat dalam penyusunan RUU Pengampunan Pajak dan aturan pelaksanaannya, RUU dan Perppu Akses Informasi Keuangan, menjalankan tax reform sejak 2017, dan penyusunan TUU Omnibus Law Perpajakan.
 
Suryo mengawali karir Pegawai Negeri Sipil sebagai pelaksana di Kementerian Keuangan pada 1993 di Sekretariat Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Pajak. Pernah menjabat sebagai Kepala Seksi PPN Industri pada 1998, sebagai Kepala Seksi Pajak Penghasilan Badan pada 2002.
 
Pria kelahiran Semarang, 26 Maret 1969 ini menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di Universitas Diponegoro, yang diraih pada 1992. Selanjutnya Suryo melanjutkan pendidikan Master of Business Taxation di University of Southern California, Amerika Serikat dan mendapatkan gelarnya pada 1998.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif