Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/M Rizal)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id/M Rizal)

Menjamurnya Aplikasi Pembayaran Digital Bisa Permudah Transaksi

Ekonomi transaksi non tunai ekonomi digital
Annisa ayu artanti • 15 Juli 2019 11:27
Jakarta: Aplikasi pembayaran digital yang semakin menjamur di Indonesia dinilai dapat mempermudah transaksi. Kemudahan dalam pembayaran tersebut diyakini mampu menumbuhkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta industri kreatif di Indonesia yang saat ini tumbuh signifikan.
 
Salah satu aplikasi pembayaran digital tersebut adalah Aiqqon. Founder Aiqqon Thomas Nugroho mengatakan penetrasi transaksi nontunai di Indonesia masih rendah dibandingkan negara besar lainnya. Padahal berdasarkan riset Mackenzie, di 2030 Indonesia akan masuk sebagai empat besar pertumbuhan domestik bruto (PDB) terbesar di dunia.
 
"Indonesia ini penetrasi transaksinya nontunainya masih 10 persen dibanding negara besar," kata Thomas di Gedung BEI, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thomas menyampaikan perbandingan jumlah mesin Electronic Data Capture (EDC) yang selama ini dianggap membantu pembayaran tidak sebanding dengan jumlah pedagang yang ada.
 
Saat ini jumlah mesin EDC di Indonesia hanya 1,1 juta unit. Sementara pedagang yang memilikinya hanya 650 ribu. Keterbatasan tersebut yang membuat kegiatan transaksi menjadi terkendala. Oleh karena itu, keberadaan pembayaran digital sangat diperlukan untuk memudahkan kegiatan transaksi.
 
"Ini jadi alat untuk kita bisa menerima pembayaran dari JCB, Visa, Mastercard, LinkAja, TrueMoney, Doku Wallet bisa diterima lewat smartphone," jelas dia.
 
Thomas juga menjelaskan aplikasi pembayaran digital akan memudahkan pelaku usaha untuk bertransaksi tanpa harus berinvestasi besar seperti pengadaan EDC. Hanya tinggal mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri secara online, transaksi bisa dilakukan.
 
"Dengan banyaknya fitur, UMKM, industri kreatif bisa menggunakan aplikasi ini untuk menerima pembayaran dari mana saja dan kapan saja," sebut dia.
 
Lebih lanjut, ia berharap Aiqqon bisa membantu perekonomian nasional. "Diharapkan, dengan menggunakan aplikasi Aiqqon, UMKM dan industri kreatif di seluruh Indonesia dapat menerima pembayaran nontunai dengan lebih mudah," tukas dia.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif