Pekerja menyelesaikan pembangunan hunian vertikal (Antara Foto/Audy Alwi/pd/17)
Pekerja menyelesaikan pembangunan hunian vertikal (Antara Foto/Audy Alwi/pd/17)

Membedakan antara Apartemen dan Rusun

Ekonomi properti
Gervin Nathaniel Purba • 06 Oktober 2017 07:08
medcom.id, Jakarta: Rumah susun (rusun) dan apartemen sangat mudah ditemui di Jakarta. Meski mirip karena sama-sama bangunan vertikal, ada hal yang sangat membedakan antara rusun dan apartemen.
 
Ada beberapa jenis rusun, yakni rusun umum (rusun sederhana sewa dan rusun sederhana milik), rusun khusus, rusun negara yang dibuat pemerintah untuk hunian PNS, dan rusun komersial.
 
Rusun sederhana sewa (rusunawa) dan rusun sederhana milik (rusunami) masuk program pemerintah untuk hunian layak dan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Para pengembang biasa menyebut rusunami atau rusunawa apartemen bersubsidi agar terlihat lebih berkelas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengamat properti dari Collier International Indonesia Ferry Salanto menjelaskan, perbedaan mendasar antara rusun dengan apartemen terdapat pada fasilitas yang ditawarkan dan kualitas. "Dari sisi kualitas, (rusun) paling bawah," kata Ferry kepada Metrotvnews.com, di Jakarta.
 
Kalau rusun untuk masyarakat menengah ke bawah, apartemen sebaliknya. Apartemen dilengkapi kolam renang, minimarket, business centre, pusat kebugaran, sistem keamanan 24 jam, dan perawatan properti hunian.
 
Ferry menjelaskan, fasilitas dan kualitas bangunan sangat mempengaruhi harga apartemen. Menurut Ferry, masyarakat harus mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan sebelum membeli unit apartemen.
 
"Fasilitas dan kualitas akan menentukan harga apartemen. Makin banyak fasilitas, apartemen akan semakin mahal, karena pemilik tidak hanya beli unit, tapi juga membeli fasilitas," jelas Ferry.
 
Developer tertentu mampu melihat ceruk pasar yang baik di mana yang ditawarkan adalah rusunami, namun dengan fasilitas lengkap seperti apartemen. “Harga rusunami fasilitas apartemen,” kira-kira seperti itu penawarannya. Tentu saja diimbangi dengan peningkatan mutu dari rusunami menjadi apartemen pastinya. Hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membeli atau berinvestasi.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif