Nike. Dok ; AFP.
Nike. Dok ; AFP.

Nike Akan Impor Sepatu dari Indonesia

Ekonomi ekonomi indonesia nike Perang dagang
Nia Deviyana • 08 Januari 2019 23:27
Jakarta: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan adanya peningkatan permintaan produksi sepatu dari Indonesia sebagai imbas dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Airlangga mengatakan produsen sepatu asal Amerika Serikat, Nike, akan meminta lebih banyak jumlah produksi sepatu dari pabriknya di Indonesia.

"Sedang dibahas, mereka sedang menyampaikan intention untuk mengisi tambahan demand. Mereka akan memberikan kesempatan pada Indonesia," ujar Airlangga usai menghadiri diskusi di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.

Di Indonesia, Nike memiliki tiga pabrik yang berlokasi di Tangerang, Sukabumi, dan Cianjur. Selain Nike, Airlangga menyebut ada sejumlah produsen lain yang berminat meningkatkan suplainya di Indonesia. Namun, Airlangga belum mau menjelaskan lebih rinci terkait hal tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Ada beberapa brand lain. Untuk otomotif akan ada tambahan kapasitas. Garmen juga," kata dia. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution juga menilai adanya dampak positif dari perang dagang antara AS dan Tiongkok. Salah satunya relokasi industri dari Negeri Tirai Bambu ke Indonesia.

"Akibat dari perang dagang itu, investor akan berpikir kalau dia di Tiongkok terus akan susah, ekspor kena bea masuk. Makanya direlokasi," ujar Darmin, belum lama ini.



 


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi