Ilustrasi proyek LRT. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Ilustrasi proyek LRT. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Indonesia Berpeluang Garap Proyek di Tanzania

Ekonomi wijaya karya indonesia-tanzania
16 Mei 2019 13:20
Jakarta: Peluang Indonesia untuk terlibat dalam berbagai proyek infrastruktur di Tanzania terbuka lebar. Hal itu terlihat setelah delegasi Tanzania menyatakan puas melihat presentasi badan usaha milik negara (BUMN) infrastruktur PT Wijaya Karya Tbk mengenai proyek light rail transit (LRT) di Jakarta, Selasa, 14 Mei lalu.
 
"Ini kesempatan kita membuka pasar dan menunjukkan produk infrastruktur dibangun di sana guna mendukung program pembangunan Tanzania selama 10-20 tahun ke depan. Kebetulan matching, dan kita lihat Indonesia punya kapabilitas untuk ditawarkan ke Tanzania. Namun, ini butuh waktu. Kita pelan-pelan dulu," kata Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Dar Es Salam, Tanzania, Raksa Permana Ibrahim, seusai mendampingi delegasi Tanzania melihat presentasi Wika.
 
Menurut Raksa, Indonesia bisa mulai mengerjakan proyek-proyek di Tanzania dan belajar membangun bidang transportasi serta infrastruktur seperti pelabuhan, bandara, dan jalan. "Itu yang kami tawarkan kepada mereka."
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pimpinan delegasi Tanzania Salum Mwinyi merasa puas dengan presentasi Wika atas proyek LRT. Dia memberi sinyal ada kemungkinan bagi Wika untuk mengerjakan proyek di Tanzania.
 
"Tentu ini cocok. Apalagi ibu kota Dar Es Salam, kota sangat sibuk. Wika merupakan kontraktor bagus. Saya sudah lihat kerja mereka di sini," kata Salum Mwinyi dari Zanzibar Port Corporation.
 
Salum menambahkan Tanzania berencana membangun pelabuhan di Zanzibar. "Wika tentu bisa mengerjakan itu karena bidangnya. Presiden kami mengatakan pelabuhan akan dibangun mungkin tahun ini."
 
Pada kunjungan ke kantor Wika itu, delegasi Tanzania terdiri atas empat orang. Selain Salum Mwinyi yang juga perwakilan pemerintah, juga ada perwakilan dari asosiasi pengusaha wisata, tur, dan travel Tanzania Sirili Akko Miontini, Hoza Bahati Ramadhani dari harian Guardian, serta perwakilan masyarakat Tanzania Gustapha Manda.
 
Delegasi Tanzania juga berkesempatan meninjau stasiun LRT di Boulevard Barat, Kelapa Gading, Jakarta. (Media Indonesia)
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif