Presiden Pastikan Tol Aceh-Palembang Tersambung 2024
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca.
Lampung: Presiden Jokowi memastikan pengerjaan proyek tol yang terbentang mulai Lampung sampai Aceh berjalan sesuai rencana. Nantinya tol trans Sumatera ini akan tersambung pada 2024.
 
"Kalau tol trans Sumatera perkiraan kita, ini Aceh juga akan kita mulai. Dari Aceh tembus dari Barat, kemudian dari Timur (Lampung) juga dimulai, nanti ketemu di tengah," kata Jokowi saat mengunjungi pembangunan tol Bakauheni-Palembang, Lampung, Jumat, 24 November 2018.
 
Menurut dia, proyek infrastruktur yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi Sumatera itu sebagian segera rampung, misalnya ruas Bakauheni - Terbangi Besar sepanjang 148km. "Tadi saya hitung-hitungan dengan Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono)mungkin (selesai trans Sumatera) 2024," katanya.
 
Pada kesempatan sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tol Bakauheni-Palembang bisa digunakan secara fungsional untuk mudik Lebaran 2019.

Baca: Presiden Tinjau Tol Bakauheni-Palembang

Ia mengatakan, tol sepanjang 350km ini terdiri dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km yang sudah mencapai 96% dan Desember tahun ini selesai, Terbanggi Besar-Kayu Agung sepanjang 189 km progresnya 83% rampung Juli 2019, Kayu Agung-Betung dengan panjang 111km sudah mencapai 42%, Pematang Panggang-Palembang 33 km yang bisa selesai Juni 2019.
 
Ia mengatakan proyek tol lain yang masuk rangkaian trans Sumatera pengerjaanya sedang berlangsung. Meskipun terdapat masalah pembebasan lahan seperti di ruas Padang-Sicincin namun jalan tol yang menghubungkan Bakauheni-Aceh bisa selesai 2024.
 
"Dengan demikian target pembangunan jalan tol sepanjang 1852 km bisa tercapai,"kata Basuki.





(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id