Pemerintah Tawarkan DP 0% bagi PNS yang Ingin Kredit Rumah
Ilustrasi. (Foto: MI/Atet).
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah saat ini tengah menggagas kredit kepemilikan rumah bagi para aparatur sipil negara (ASN) yakni pegawai negeri sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri.

Hal tersebut sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo terkait penyediaan perumahan bagi ASN termasuk juga memikirkan mengenai terobosan pembiayaannya.

Bambang menjelaskan, ASN diberikan opsi untuk menggunakan kredit multiguna tanpa uang muka (down payment/DP) dengan tenor yang lebih panjang dibanding kredit perumahan rakyat (KPR) biasanya.

"Kalau KPR biasanya 15 tahun, ini bisa 30 tahun dan bisa melewati usia pensiun, sehingga ini akan meringankan mereka apabila ingin punya rumah," kata Bambang di Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa, 17 April 2018.

Dia mengatakan adapun metode pencicilannya yakni langsung dipotong melalui gaji. Kendati demikian, kata Bambang, tawaran tersebut adalah opsi. Apabila ASN tak bersedia menggunakan opsi ini, maka tak ada paksaan.

"Kalau mereka bilang belum mau pinjam ya enggak usah, bukan kewajiban. Ini hanya opsi, kalau mereka butuh, dimunkinkan," ujar Bambang. 

Lebih jauh, mantan Menteri Keuangan ini menambahkan, skema pembiayaan ini sudah siap dan tinggak disosialisasikan pada para abdi negara.

"Bisa dijajakan tahun ini," tandas dia.

Sebelumnya, dalam rapat terbatas kemarin, Presiden Jokowi meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) untuk juga memperhatikan penyediaan perumahan yang layak bagi ASN yang jumlahnya mencapai 945 ribu, serta 275 ribu TNI, dan 360 ribu anggota Polri yang belum memiliki rumah yang bersifat permanen.

Dalam rapat tersebut, Jokowi juga Ketua Dewan Komisioner OJK, Dirut bank-bank BUMN, Dirut Bank DKI dan Bank Jabar, Asabri serta Taspen untuk membicarakan langkah-langkah terobosan dari sisi pembiayaan, terutama dengan memanfaatkan dana non-anggaran pemerintah. Sehingga ada tambahan alternatif model pembiayaan di luar skema pembiayaan perumahan yang sudah ada.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id