Ilustrasi. FOTO: dok MI.
Ilustrasi. FOTO: dok MI.

DANA Belum Mau Berkomentar Merger dengan OVO

Ekonomi ekonomi digital ovo
Annisa ayu artanti • 21 November 2019 13:26
Jakarta: Perusahaan penyedia dompet digital, DANA, masih belum mau menanggapi rumor mengenai penyedia layanan jasa transportasi on demand Grab. DANA dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk menggabungkan perusahaan pembayaran digital OVO dengan DANA.
 
"Cannot comment on market rumor," kata CEO DANA Vincent Iswara menjawab pertanyaan Medcom.id, Rabu sore, 20 November 2019.
 
Merger dua perusahaan pembayaran digital tersebut dikatakan sumber kepada Reuters beberapa waktu lalu sebagai langkah untuk menyaingi pembayaran digital Gojek, GoPay.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika kesepakatan terbentuk, Grab akan membeli saham mayoritas di Ant Financial, yang menyuntik DANA yang selama ini dipayungi PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek). Setelah itu, Grab akan menggabungkannya dengan OVO yang sahamnya telah dimiliki Grab.
 
"Ini bagian dari pertempuran Grab-Gojek," kata salah satu sumber.
 
Kabar tersebut menindaklanjuti pengumuman SoftBank selaku pemegang saham terbesar Grab yang akan mengalokasikan USD2 miliar ke dalam infrastruktur digital Indonesia melalui Grab.
 
Berdasarkan App Annie dan iPrice, OVO menjadi aplikasi e-wallet terbesar kedua di Indonesia untuk kuartal kedua 2019, dalam hal pengguna aktif bulanan. Kemudian diikuti oleh DANA, yang menyalip pesaingnya, LinkAja.
 
Penggabungan kedua perusahaan tersebut akan menjadi ancaman bagi GoPay, dompet digital milik Gojek. GoPay menjadi aplikasi e-wallet yang memiliki jumlah pengguna aktif bulanan terbanyak di Indonesia pada periode yang sama.
 
Gojek dan Grab telah berkompetisi di berbagai bidang seperti penyedia pemesanan kendaraan dan pengiriman makanan. Keduanya merupakan startup teratas di Asia Tenggara. Grab memiliki valuasi USD14 miliar, sedangkan Gojek memiliki valuasi USD10 miliar.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif