Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto,
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto,

Mendes Pamer Inovasi Pengembangan Desa

Ekonomi kementerian desa
Theofilus Ifan Sucipto • 14 November 2019 00:10
Bogor: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memamerkan efektivitas aplikasi Indeks Desa Membangun (IDM). Aplikasi itu diklaim sukses membantu pengembangan desa tertinggal.
 
"Bupati Sambas (Atbah Romin Suhaili) di Kalimantan Barat berhasil meningkatkan satu desa mendiri menjadi 87 dalam setahun," kata Abdul di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu 13 November 2019.
 
Abdul menjelaskan, kepala desa bisa melihat berbagai data yang berguna di IDM. Mulai dari nilai status perkembangan desa, indeks kebutuhan desa, hingga rekomendasi anggaran dan pembangunan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal itu dilihat dari tiga komponen yaitu ketahanan sosial, ekonomi, dan lingkungan," ujar Abdul.
 
Dia menambahkan IDM tidak hanya digunakan oleh kepala desa. Kementerian Keuangan pun menggunakan IDM untuk menganalisis besaran dana desa.
 
"Juga dipakai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memantau guru di desa tertinggal untuk menambah penghasilan," imbuhnya.
 
Abdul mengajak seluruh kepala daerah memanfaatkan IDM. Dia berkelar kepala daerah bakal kembali terpilih dalam Pilkada selanjutnya jika menggunakan IDM.
 
Sementara itu, Abdul menjamin kepala daerah yang telah dua periode akan menghasilkan warisan yang dikenang masyarakat. Dia mengklaim akurasi data di IDM sangat tinggi.
 
"Kami garansi data-data di situs IDM akurasinya 99 persen," pungkas Abdul.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif