Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Erick Thohir Prioritaskan Cari Nakhoda di 4 BUMN

Ekonomi kementerian bumn Pergantian Direksi BUMN
Annisa ayu artanti • 15 November 2019 14:44
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempriortaskan mencari nakhoda empat perusahaan BUMN terbesar, yaitu PT PLN (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan holding industri pertambangan, Mind ID.
 
Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menyebutkan Menteri BUMN Erick Thohir telah mengantongi sejumlah calon untuk menduduki kursi direktur utama di perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut.
 
"Pak Menteri sudah punya nama-nama, sekarang tinggal tunggu beliau. (Prioritas) Kan yang kosong di PLN, BTN, Mandiri, sama Mind Id," kata Budi di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 15 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mengantongi nama beberapa calon dirut, Budi mengatakan tahap selanjutnya calon-calon dirut tersebut mengikuti Tim Penilai Akhir (TPA). "Sekarang harus ke TPA, terutama yang besar-besar," sebut dia.
 
Berdasarkan catatan Medcom.id, sejak kasus PLTU Riau 1 yang menyeret Sofyan Basir harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), jabatan dirut PLN kosong dan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Sripeni Inten Cahyani.
 
Sementara itu, untuk kursi dirut Bank Mandiri dan kursi dirut Mind Id kosong karena dirketur sebelumnya yakni Kartika Wirjoatmodjo dan Budi Gunadi Sadikin ditugaskan Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri BUMN. Saat ini tugas dirut Mandiri sementara sementara dipegang oleh Sulaiman Arif Arianto
 
Sedangkan kursi dirut BTN kosong karena Suprajarto yang sebelumnya ditunjuk Rini Soemarno, Menteri BUMN Kabinet Kerja sebagai dirut BTN menolak menggantikan Maryono.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif