Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANT/Nova Wahyudi.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANT/Nova Wahyudi.

Kontribusi Indonesia di Pasar Halal Dunia Sangat Kecil

Ekonomi ekonomi syariah Industri Halal
Media Indonesia • 13 Desember 2019 17:14
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut kontribusi Indonesia di pasar halal dunia masih kecil. Indonesia hanya menyumbangkan 3,8 persen dari total USD2,1 triliun pasar halal dunia 2017.
 
"Laporan Global Islamic Economic Report 2019, Indonesia tertinggal jauh dibandingkan dengan Brazil yang merupakan eksportir produk halal nomor satu di dunia dengan nilai USD5,5 miliar yang disusul oleh Australia dengan nilai USD2,4 miliar," kata Ma'ruf dalam sambutan acara pelantikan pengurus Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) di Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Indonesia tercatat membelanjakan USD214 miliar untuk produk halal pada 2018. Angka itu membuat Indonesia menjadi negara paling besar dalam hal belanja produk halal dibandingkan negara mayoritas muslim lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, kata Ma'ruf, Indonesia hanya menjadi konsumen dan 'tukang stempel' produk halal impor. Indonesia seharusnya bisa menjadi produsen produk halal sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim.
 
"Indonesia seharusnya dapat menjadi produsen produk halal untuk kebutuhan pasar domestik dan bahkan dapat menjadi eksportir produk-produk halal untuk pasar halal dunia," imbuhnya.
 
Pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah Indonesia juga masih jauh dari potensinya. Pangsa pasar keuangan syariah di Indonesia termasuk perbankan dan asuransi baru mencapai 8,6 persen pada Januari 2019. Sedangkan perbankan syariah baru mencapai 5,6 persen.
 
"Oleh karena itu, diperlukan dukungan dan komitmen yang sungguh-sungguh, termasuk dari Ikatan Ahli Ekonomi Islam agar perkembangan ekonomi dan keuangan Syariah dapat semakin cepat dalam mendukung perekonomian nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelas Ma'ruf. (Fautinus Nua)
 
(DRI)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif