Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

SMI Target Salurkan 20 Pembiayaan ke Pemda Tahun Ini

Ekonomi sarana multi infrastruktur
Nia Deviyana • 17 Mei 2019 12:59
Jakarta: PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero menargetkan menyalurkan minimal 20 pembiayaan pemerintah daerah (Pemda) pada 2019. Pembiayaan Pemerintah Daerah merupakan fasilitas pembiayaan dengan jangka waktu menengah atau panjang dalam rangka mendukung percepatan penyediaan infrastruktur dasar atau sosial.
 
"Tahun ini offering letter (OL) untuk pembiayaan pemerintah daerah targetnya minimal 20. Kalau pemda sepakat dan yakin mau berproses akan kita kasih," ujar Direktur Utama PT SMI Emma Sri Martini usai menghadiri buka bersama di Gedung Sahid Sudirman Center, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Namun, PT SMI mengutamakan untuk memberikan pembiayaan di luar Pulau Jawa. "Sejauh ini sudah banyak yang berminat, seperti Sulawesi. Mereka sudah merasakan manfaatnya, kemudian mengajukan lagi," tambahnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emma menuturkan hingga April 2019 pembiayaan PT SMI mencapai Rp96,43 triliun. Angka ini meningkat dari posisi Desember 2018 sebesar Rp91,79 triliun. Adapun pembiayaan terbesar untuk infrastruktur konektivitas seperti jalan tol, pelabuhan, dan bandara.
 
"Negara kita negara kepulauan, sehingga akses inter-island seperti jalan darat, pelabuhan, semua itu belum banyak terkoneksikan sehingga portofolio masih didominasi sektor konektivitas," tuturnya.
 
Untuk menyokong pembiayaan PT SMI menggunakan skema kredit investasi sebesar Rp73,2 triliun, kredit modal Rp3,8 triliun, subordinasi Rp8,2 triliun, dana talangan Rp3 triliun, penyertaan modal Rp3 triliun, promoter financing Rp2,2 triliun, dan pembiayaan syariah sebesar Rp3 triliun.
 
PT SMI merupakan Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia. Secara akumulatif, nilai proyek yang telah dibiayai SMI mencapai Rp601,4 triliun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif