Jokowi Pamer Capaian Indonesia di Pertemuan ASEAN Leader's

Annisa ayu artanti 11 Oktober 2018 21:03 WIB
aseanIMF-World Bank
Jokowi Pamer Capaian Indonesia di Pertemuan ASEAN Leader's
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Medcom/Annisa Ayu.
Nusa Dua: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memamerkan capaian Indonesia di depan petinggi-petinggi negara se-ASEAN dalam acara ASEAN Leader's gathering (ALg).

Ia menyebutkan, capaian Indonesia tersebut masuk dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jokowi bilang, Indonesia berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi 9,8 persen di 2018.

"Selain itu saya sampaikan beberapa langkah dan pencapaian Indonesia dalam SDG's antara lain, menurunnya angka kemiskinan pada satu digit menjadi 9,8 persen pada 2018," kata Jokowi saat press statement di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Kemudian, katanya, Indonesia juga dapat meningkatkan akses air bersih yang digunakan untuk rumah tangga. Capaian tersebut disebutnya sudah mencapai 76,74 persen.

Lalu, Indonesia juga berhasil meningkatkan akses pelayanan kesehatan, melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dari upaya tersebut Indonesia mencatat peningkatan layanan kesehatan mencapai 77,78 persen dan angka stunting menurun menjadi 29,6 persen.

"Meningkatnya akses kepada pelayanan kesehatan melalui JKN mencapai 77,78 persen. Menurunnya angka stunting di anak-anak menjadi 29,6 persen di 2018," sebut dia.

Selain itu, Jokowi menambahkan, Indonesia juga berhasil meningkatkan kualitas pendidikan. "Angka partisipasi kasar pada tingkat pendidikan dasar mencapai (kenaikan) 108,5 persen," pungkas dia.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id