jalan tol. Medcom/Kuntoro.
jalan tol. Medcom/Kuntoro.

Jasa Marga Bidik Perbaikan Lereng Tol Selama Empat Hari

Ekonomi jasa marga Tsunami di Selat Sunda
27 Desember 2018 05:07
Boyolali: PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) menargetkan pengerjaan perbaikan lereng jalan tol ruas Salatiga-Kartasura kilometer 489+500 memakan waktu empat hari.
     
"Target kami jelang Tahun Baru pengerjaan ini sudah selesai sehingga pengguna jalan lebih nyaman dalam berkendara," kata Direktur Teknik PT JSN Aryo Gunanto di sela tinjauan lokasi di Boyolali, Jawa Tengah, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 26 Desember 2018.
    
Ia mengatakan langkah pertama yang dilakukan yaitu dengan membongkar bagian lereng dengan eskavator. Selanjutnya, bongkahan tanah langsung dipindahkan ke lokasi lain pada malam ini.
     
"Setelah itu tanah dibuang dan dilanjutkan perbaikan saluran. Kemudian titik gerusan tersebut akan ditutup rata kembali dan diposisikan naik lagi sepanjang berapa meter dan akan dipasang lagi pengamanan," jelas dia.
     
Untuk mengantisipasi situasi tersebut terjadi di titik lain, pihaknya akan melakukan pencegahan dan pemeliharaan.
     
"Kalau ada kekurangan terus kami perbaiki. Pemeliharaan berjalan bersamaan dengan operasi, mana saja yang kurang kami perbaiki," jelas dia.
     
Ia mengatakan kerusakan lereng tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat. Pihaknya memprediksi kejadian tersebut terjadi pada 24 Desember 2018.     

"Kemungkinan saluran bawah tidak sempurna dan terjadi luapan air sehingga menggerus lereng. Meski demikian ini kerusakan kecil karena tidak terpantau menimbulkan kerusakan lebih besar," jelas dia.
     
Sementara itu, Direktur Utama PT JSN David Wijayatno mengatakan terjadinya hal itu karena saluran air belum berfungsi optimal.
     
"Jadi bukan badan jalannya ambrol atau ambles. Badan jalan masih utuh hanya lerengnya saja yang tergerus sepanjang 20 meter," katanya. Terkait hal itu, pihaknya menjamin konstruksi jalan yang dibangun sesuai standar yang ditetapkan.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi