Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti (tengah). (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)
Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti (tengah). (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)

Kemenhub: Sanksi untuk Lion Air Tunggu KNKT

Ekonomi kementerian perhubungan Lion Air Jatuh
Suci Sedya Utami • 12 November 2018 18:23
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memberikan sanksi bagi maskapai penerbangan Lion Air terkait insiden jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan JT610 PK-LQP rute Jakarta-Pangkal Pinang di Perairan Karawang.
 
Dirjen Perhubungan Udara yang baru saja dilantik pagi tadi, Polana B Pramesti mengatakan sanksi tersebut diberikan setelah ada hasil evaluasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
 
"Terkait sanksi tunggu hasil dari KNKT," kata Polana di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin, 12 November 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan pihaknya akan segera menerbitkan preliminary report laporan pertama dari hasil penyelidikan. KNKT memang telah mengumpulkan berbagai bukti untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Termasuk dengan mengidentifikasi flight data recorder (FDR) black box yang telah ditemukan.
 
"Akan kita keluarkan sekitar 28-29 bulan ini yang berisi data faktual tanpa analisis, tanpa kesimpulan. Ini akan kita publikasikan lewat internet," kata Soerjanto.
 
Terkait cockpit voice recorder (CVR) black box yang saat ini masih dalam pencarian, KNKT bilang tengah menyusun strategi untuk menemukannya.
 
Sebelumnya pesawat Lion Air dengan nomor registrasi PK-LQP rute Jakarta-Pangkal Pinang Jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat. Pesawat tersebut mengangkut 189 korban termasuk sembilan awak pesawat.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif