Illustrasi. ANT/Rosa P.
Illustrasi. ANT/Rosa P.

Tiket Kereta Api di Medan Naik Mulai 7 Juli

Ekonomi tiket kereta api
Farida Noris • 27 Juni 2017 18:51
medcom.id, Medan: PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk kereta kelas ekonomi jarak jauh dan menengah bersubsidi. Di Medan, penyesuaian tarif kereta api ini mulai berlaku pada 7 Juli 2017.
 
"Jadi mulai 7 Juli, tarif beberapa kereta api ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi mengalami penyesuaian," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre I Sumatera Utara, Ilud Siregar, Selasa 27 Juni 2017.
 
baca : Sekarang, Pesan Tiket Kereta Bisa Enam Jam Sebelum Keberangkatan
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ilud menyebutkan rute kereta api yang mengalami penyesuaian tarif antara lain kereta Siantar Ekspres tujuan Medan-Siantar yang sebelumnya Rp22.000 menjadi Rp27.000, dan kereta Putri Deli tujuan Tanjung Balai-Medan dari sebelumnya Rp27.000 menjadi Rp30.000.
 
"Masyarakat mulai dapat melakukan pembelian tiket kereta api tersebut pada 24 Juni 2017 di berbagai channel resmi penjualan tiket KA," jelas Ilud.
 
Menurut Ilud penyesuaian tarif ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No PM 42 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Perhubungan PM 35 Tahun 2016 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).
 
"Penyesuaian tarif ini diberlakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa kereta api ekonomi bersubsidi," jelasnya.
 
Terpisah, salah seorang pengguna jasa kereta api Putri Deli, Fitriani (35) warga Tanjung Balai mengaku terkejut dengan kebijakan itu. Naiknya tarif kereta api, katanya, sangat memberatkan masyarakat di tengah perekonomian yang semakin sulit.
 
"Barusan pesan tiket kereta api untuk keberangkatan 10 Juli, ternyata tarifnya sudah naik. Tarif yang lama saja sudah terlalu mahal buat saya, apalagi kalau naik lagi. Karena saya sering bepergian dengan keluarga menggunakan kereta api," pungkasnya.
 
Dia berharap, kenaikan tarif kereta api dapat diikuti dengan perbaikan pelayanan. Misalnya para pegawai juga harus ramah saat melayani masyarakat yang menggunakan jasa kereta api.
 
"Pelayanan harus ditingkatkan. Toilet kereta api juga harus bersih, jangan seperti biasanya, baunya menyengat. Selain itu, harga makanan yang dijual di dalam kereta api, juga jangan mahal-mahal lah. Karena tidak semua penumpang kereta api itu orang mampu," bebernya.
 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif