NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: dok Mekari.
Ilustrasi. Foto: dok Mekari.

Mengelola SDM dalam Dunia Usaha

Ekonomi dunia usaha ekonomi digital
Ade Hapsari Lestarini • 28 Februari 2020 20:34
Jakarta: Pelaku bisnis yang baru merintis usaha biasanya belum memikirkan sistem pengelolaan sumber daya manusia (SDM) secara otomatis.
 
Padahal dengan pengelolaan SDM yang baik, bisnis sekecil apapun bisa mendapat peluang apik. Terutama, hal ini nantinya akan berhubungan dengan perhitungan gaji di akhir bulan.
 
"Pebisnis seringkali merasa 'usaha kami kan masih kecil, enggak perlu sistem-sistem yang ribet gitu'. Pengelolaan HR ini menjadi masalah klasik bisnis kecil di Indonesia," kata Chief Commercial Officer PT Mid Solusi Nusantara (Mekari) Sandy Suryanto, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, dalam kenyataannya, pengelolaan HR ini seringkali mengganggu produktivitas bisnis itu sendiri. Dimulai dari karyawan yang tidak disiplin, pengelolaan roster shifting hingga salah memberikan gaji karena salah merekap absensi.
 
Masalah sesederhana itu jika dibiarkan terus menerus akan menjadi masalah yang serius. Maka dari itu, Mekari menghadirkan Attendance by Talenta, aplikasi kelola HR untuk bisnis yang bisa digunakan secara gratis.
 
"Para pebisnis kecil ini bisa mulai mengelola HR lebih maksimal, tanpa takut menambah anggaran untuk hal yang bisa saja merepotkan," tambah dia.
 
Aplikasi ini bisa membuat pemilik bisnis memonitor kehadiran secara real-time yang sudah berbasis lokasi GPS. Sehingga setiap karyawan hanya perlu absen dari smartphone mereka di setiap harinya dan aplikasi akan otomatis melaporkan kehadiran dari setiap karyawan. Nantinya, pebisnis bisa melihat rekapan absensi karyawan dalam satu aplikasi.
 
Para pelaku bisnis kecil juga bisa menjadwalkan jam kerja, menyusun roster dan membagikan jadwal shift pada karyawan. Data tersambung secara akurat tanpa risiko human error. Setelah membuat penjadwalan, pemilik bisnis bisa melihat ringkasan dan jumlah jam kerja per karyawan. Tentu, penggunaannya akan menghemat waktu dan efisiensi.
 
Dengan aplikasi yang sudah digital, para pelaku bisnis tidak perlu menginvestasikan waktu untuk mencatat pengelolaan HR secara manual. Pebisnis juga tidak perlu mendatangi outlet atau tempat produksi untuk mengontrol karyawan.
 
"Semua aktivitas kehadiran, aturan shifting karyawan, juga hitungan kehadiran untuk penggajian sudah dalam satu genggaman," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif