Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)
Ilustrasi. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Dukungan Pemilik jadi Kunci Bertahannya Bisnis Waralaba

Ekonomi pameran waralaba
Eko Nordiansyah • 08 September 2017 14:14
medcom.id, Jakarta: Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) menyebutkan industri waralaba nasional tidak hanya dikuasai oleh pelaku usaha dari luar negeri. Bahkan tak sedikit pula anak muda Indonesia yang mulai mengembangkan bisnis waralaba di berbagai daerah.
 
Ketua Umum Wali Levita G. Supit mengatakan, syarat utama dari industri waralaba itu bisa bertahan di persaingan adalah bagaimana dukungan dari induk waralaba tersebut. Jika waralaba itu datang dari luar negeri sekalipun, tanpa adanya support dari franchisor-nya maka tidak akan mampu bertahan lama.
 
"Itu semua tergantung daripada support, control, traning dari franchisor-nya sehingga ini bisa jadi pelajaran bagi kita bagaimana membuat bisnis kita survive," kata dia di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, perkembangan digital pada saat ini juga memberikan peluang untuk memperluas bisnis waralaba. Untuk itu, para pemilik waralaba seharusnya bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperluas pemasaran produk yang mereka jual.
 
"Pesan makan sekarang enggak perlu datang ke restoran tapi hanya perlu order dari online saja. Itu salah satu tren yang sedang berkembang di Indonesia. Dan itu harus diantisipasi karena itu juga baik sebagai peningkatan mutu bagi customer untuk promosi produk yang kita jual," jelas dia.
 
Melalui pameran Franchise and License Expo Indonesia (FLEI) 2017 dalam Indonesia's Biggest Business Expo 2017 ini dirinya berharap akan lebih banyak pelaku usaha waralaba di Indonesia. Bahkan tak menutup kemungkinan jika waralaba Indonesia membuka perluasan pasar ke luar negeri.
 
"Tahun lalu pengunjung 20 ribu dalam tiga hari, itu yang membuat pelaku usaha yang ikut expo merasa ter-support. Kami berharap tahun ini pengunjung makin bertambah sehingga makin banyak entrepreneur yang meningkatkan ekonomi nasional dengan penggunaan produk dan tenaga kerja Indonesia," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif