Ketua BPC HIPMI Jakarta Pusat, Indra Rukman.
Ketua BPC HIPMI Jakarta Pusat, Indra Rukman.

100 Hari Kepemimpinan Jokowi Dinilai Beri Harapan Pengusaha Muda

Ekonomi 100 Hari Jokowi-Maruf
Medcom • 31 Januari 2020 15:00
Jakarta: 100 hari periode kedua Presiden Joko Widodo dinilai memberikan harapan pada pengusaha muda. Meski dalam kebijakan bidang ekonomi belum begitu signifikan dirasakan pengusaha muda, namun, optimisme para pengusaha muda terhadap kepemimpinan Jokowi masih nampak.
 
“100 hari kepemimpinan Pak Jokowi periode kedua memang belum ada dampak signifikan bagi pengusaha muda. Namun, potensi dan peluang pengusaha muda trennya semakin baik,” kata Ketua BPC HIPMI Jakarta Pusat, Indra Rukman dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 31 Januari 2020.
 
Menurutnya, kebijakan Jokowi bagi pengusaha menunjukkan tren positif, misalnya terkait proses paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan di periode pertama. Saat ini, kata Indra, hanya perlu memperkuat dan mencari terobosan baru sehingga memberi kemudahan bagi pengusaha muda dan pengusaha pemula.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ada beberapa hal yang dirasakan dari kebijakan Pak Presiden, seperti perizinan yang sudah cepat, tidak bertele-tele lagi,” ujar calon ketua umum HIPMI Jaya ini.
 
Menurut Indra, Indonesia saat ini terus naik dalam kategori kemudahan berusaha. Meski secara peringkat turun satu poin, yakni dari posisi 72 di tahun 2018 menjadi 73 di tahun 2019, namun sebenarnya indeks yang dikumpulkan atau telah mengalami perbaikan naik dibandingkan periode penilaian di tahun sebelumnya.
 
Jika mengacu laporan yang dikeluarkan Bank Dunia, maka Indonesia meraih indeks 67,96 atau naik 1,42 dibandingkan tahun sebelumnya.
 
“Ini tentu perlu diapresiasi, ada upaya perbaikan terus-menerus yang dilakukan Pak Jokowi melalui berbagai kebijakan yang semakin meningkatkan Kemudahan berusaha di Indonesia,” ujarnya.
 
Terkait 100 hari kepemimpinan Jokowi periode kedua, Indra berharap, perlu mendorong kemudahan-kemudahan lain seperti insentif pajak, akses perbankan, dan iklim bisnis kondusif sehingga akan menciptakan pengusaha baru dan memberi optimisme pengusaha muda.
 

 

(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif