Ciputra. Foto dok Metro Xinwen
Ciputra. Foto dok Metro Xinwen

Mengenang Arti Kesuksesan bagi Ciputra

Ekonomi Ciputra Tutup Usia
Ade Hapsari Lestarini • 27 November 2019 10:22
Jakarta: Pendiri grup Ciputra, Ir. Ciputra menghembuskan nafas terakhirnya di Singapura di usia 88 tahun. Pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 itu sempat membagikan filosofi kesuksesannya.
 
Dalam wawancaranya dengan Metro TV, Ciputra sempat berbagi cerita dalam meraih kesuksesannya. Dia mengatakan seorang pengusaha sukses harus menerapkan prinsip yang disebut IPE dan 5D.
 
"Sukses itu terdiri dari tiga hal utama yaitu integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship," kata Ciputra dalam video wawancara di Metro Xinwen, seperti dikutip Medcom.id, Rabu, 27 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiga hal tersebut merupakan dasar sebuah kesuksesan. Namun kerangka kesuksesan terbalut dalam prinsip 5D, yakni dream (cita-cita), desire atau keinginan luhur, drive atau semangat, discipline, dan determination.
 
Oleh karena itu, demi menjaga agar imperium bisnisnya terus berkelanjutan, Ciputra bahkan membagikan saham kepada anak-anaknya. Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini selalu mendidik anak dan cucu dengan memberi contoh langsung pengalaman hidup dan aktivitasnya sehari-hari.
 
"Ada peribahasa mengatakan, pertama memulai, membangun, dan meruntuhkan. Harus memberi contoh kepada mereka. Pada waktu umur 51 tahun, saya beri mereka saham. Saya sengaja bilang sama mereka, kalian bisa pecat saya, saya sengaja berikan mayoritas saham, supaya kalian bertanggung jawab," kisahnya.
 
Tak hanya ingin ilmunya berguna bagi keluarga, Ciputra juga terus memotivasi generasi muda dalam menggapai kesuksesannya. Dia merupakan pelopor terhadap bangkitnya gelombang kewirausahaan di Indonesia.
 
Berangkat dari sana, Ciputra pun meluncurkan buku biografi Passion of Life. Buku ini merupakan salah satu bentuk warisan yang ia tinggalkan, tidak hanya untuk anak cucu tetapi bagi seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Kalau Anda sukses, ternyata Anda akan bahagia. Anda luar biasa bahagia kalau Anda sukses. Tapi memang Anda harus masuk 'penjara', The Pressure of Hope. Anda harus yakin, Anda harus percaya, makin Anda sukses, makin Anda menimbulkan semangat baru. Akan terus begitu," bebernya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif