Ilustrasi LRT. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.
Ilustrasi LRT. FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu.

Tambah Rute, Operasi Komersial LRT Mundur

Ekonomi lrt proyek lrt
Suci Sedya Utami • 13 September 2019 20:22
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan jadwal operasional proyek rel lintas terpadu (LRT) akan mundur dari yang dijadwalkan. Awalnya LRT rute Cibubur-Cawang Uki ditargetkan beroperasi di Oktober.
 
Usai rapat koordinasi percepatan proyek LRT, Budi menjelaskan mundurnya jadwal operasi dikarenakan jika hanya rute Cibubur-Cawang Uki, maka dikhawatirkan penumpangnya hanya sedikit. Oleh karenanya pemerintah berpikir untuk memperpanjang rute yang akan dioperasikan agar lebih menarik minat penumpang.
 
Sebab apabila penumpangnya rendah akan berpengaruh maka membuat subsidi yang dikeluarkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tidak bisa diserap dengan sempurna atau dalam kata lain terbuang sia-sia. Budi mengatakan rute akan ditambah menjadi Cibubur-Dukuh Atas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konsultan menyampaikan kalau sampai Cawang ridership-nya kan sedikit, sehingga ada pengaruhnya terhadap subsidi. Kita baru akan operasikan, usulan rapat apabila itu dioperasikan dari Cibubur sampai Dukuh Atas," kata Budi di Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Jumat, 13 September 2019.
 
Budi bilang perbedaan lokasi ini akan dibahas lebih lanjut dalam rapat pekan depan untuk dievaluasi, termasuk melaporkan progres pembangunan hingga rute Dukuh Atas. Namun yang pasti dia menegaskan dalam rapat hari ini merekomendasikan pengoperasian tidak hanya sampai di Cawang Uki.
 
Kendati demikian, mantan Direktur Utama AP II ini mengatakan uji coba akan dilakukan pada bulan ini untuk rute Cibubur-Cawang Uki. Adapun untuk rute Cibubur-Dukuh Atas diharapkan bisa kelar dan bisa beroperasi komersial pada 2021.
 
Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan proyek LRT rute Cawang Uki-Cibubur siap dioperasikan secara komersial di akhir Oktober 2019.
 
Hal tersebut dikatakan Rini saat meninjau progres pembangunan jalur layang Stasiun LRT Cibubur. Rini mengatakan sebelum dioperasikan secara komersial, terlebih dahulu akan dilakukan uji coba satu kereta di jalur tersebut pada September.
 
"Sebentar lagi kita akan meletakkan satu set kereta yang akan kita uji cobakan," kata Rini di Stasiun LRT Cibubur, Jakarta Timur, Jumat, 23 Agustus 2019.
 
Rini mengatakan di awal Oktober akan ada tambahan tiga set kereta lagi. Selain itu apabila uji coba ini selesai, progres selanjutnya yakni pemberian izin dan sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa LRT siap untuk dioperasikan untuk umum.
 
"Kalau September ini kita uji coba dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan kita bisa dapat sertifikat untuk commercial operation akhir Oktober, atau paling lambat awal November," tutur Rini.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif