Perusahaan Asuransi Mencocokkan Data Korban Lion JT610

Husen Miftahudin 31 Oktober 2018 16:45 WIB
lion airLion Air Jatuh
Perusahaan Asuransi Mencocokkan Data Korban Lion JT610
Illustrasi. MI/Amiruddin.
Jakarta: PT Asuransi Simas Net bakal memberikan pertanggungan hingga Rp500 juta kepada korban tragedi pesawat Lion Air JT610. Pertanggungan diberikan kepada penumpang yang membeli tiket plus asuransi Lion Air Travel Air Insurance di laman resmi Lion Air.

Namun, Presiden Direktur Asuransi Simas Net Teguh Aria Djana mengakui tidak semua penumpang Lion Air JT610 mendapatkan pertanggungan. Sebab, asuransi tersebut bersifat opsional yang ditawarkan secara langsung kepada calon penumpang saat memesan tiket melalui laman resmi Lion Air.

"Kita kerja sama dengan Lion Air, tapi asuransinya ini tidak wajib dan bersifat pilihan atau opsional. Karena itu pilihan, tidak semuanya membeli asuransi," kata Teguh kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Teguh menjelaskan, setiap agen tiket daring Lion Air punya pilihan asuransi tersendiri. Di Traveloka atau Tiket.com, misalnya, asuransi yang ditawarkan kepada calon penumpang Lion Air berbeda.

"Di (laman resmi) Lion Air asuransi yang ditawarkan Lion Air Travel Insurance. Sementara kalau di Traveloka atau Tiket.com itu asuransi yang ditawarkannya beda lagi," ungkap dia.

Teguh mengaku, saat ini pihaknya tengah mengecek data tertanggung korban pesawat Lion Air JT610. Pemberian pertanggungan juga menunggu pernyataan resmi pihak berwenang.

"Kita sekarang telusuri ahli waris. Tapi hingga saat ini kita juga lagi menunggu pernyataan resmi pihak berwenang agar secara hukum kita bisa berikan santunan," beber Teguh.

Lion Air Travel Insurance merupakan salah satu produk Asuransi Simas Net yang ditawarkan langsung kepada penumpang Lion Air. Produk asuransi ini memberikan perlindungan perjalanan bagi para penumpang, termasuk jaminan kecelakaan dan ketidaknyamanan perjalanan seperti keterlambatan perjalanan dan evakuasi darurat medis.

Lion Air Travel Insurance memiliki dua jenis perlindungan, yakni produk penumpang pulang pergi dan sekali perjalanan. Produk Lion Air Travel Insurance pulang pergi memberi perlindungan kepada penumpang sejak keberangkatan, selama perjalanan, hingga kembali ke bandara asal. Sementara produk Lion Air Travel Insurance sekali perjalanan memberi perlindungan kepada penumpang sejak keberangkatan hingga tiba di bandara tujuan.

Bagi korban yang memilih produk Lion Air Travel Insurance pulang pergi, nilai pertanggungan meninggal dunia maksimal sebanyak Rp350 juta. Bila tertanggung mengalami luka-luka, tertanggung akan mendapatkan biaya medis kecelakaan sebesar Rp250 juta dan mendapat evakuasi darurat medis senilai Rp250 juta. Sementara bagi korban yang memilih produk Lion Air Travel Insurance sekali perjalanan, akan mendapatkan pertanggungan dengan nilai maksimal sebanyak Rp500 juta.





(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id