Illustrasi. Medcom/Kuntoro.
Illustrasi. Medcom/Kuntoro.

Pemerintah Kebut Ruas Tol di Jawa dan Sumatera

Ekonomi enam ruas jalan tol transjawa
Husen Miftahudin • 11 Februari 2019 20:06
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut proyek pembangunan ruas-ruas tol agar segera beroperasi di tahun ini. Beberapa proyek yang dikebut pengerjaannya adalah ruas tol di Pulau Jawa dan Sumatera.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan proyek jalan tol Terbanggi Besar-Kayu Agung-Palembang menjadi ruas tol yang akan dikebut. Ia memperkirakan proyek jalan tol tersebut rampung pada Juni 2019.
 
Kemudian, lanjut dia, pembangunan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Ruas tol itu rencananya akan diresmikan pada Februari ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mudah-mudahan bulan ini bisa diresmikan. Kemudian yang Terbanggi Besar-Kayu Agung-Palembang itu juga sudah akan selesai pada tahun ini, Juni," ujar basuki di kantor Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 11 Februari 2019.
 
Basuki juga akan menyelesaikan pembangunan ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Tol itu direncanakan akan tembus hingga Bandung.
 
"Yang prioritas itu adalah Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasik. Kemudian nanti ke Cilacap. Nah ini yang Bogor juga mengikut itu Bogor-Cianjur-Bandung. Ini yang sedang kita (selesaikan) bersamaan," ungkap Basuki.
 
Untuk jalan tol Trans Jawa, proyek ruas tol yang dikebut Kementerian PUPR tahun ini adalah tol Pasuruan-Banyuwangi, terutama ruas Probolinggo-Banyuwangi.
 
Dia menyebut, terkendalanya pembangunan tol Probolinggo-Banyuwangi lantaran lahan tersebut merupakan lahan yang digunakan sebagai tempat latihan Tentara Nasional Indonesia (TNI).
 
"Kita sedang cari rutenya, rute awal melalui kawasan latihan Baluran, itu bisa. Tapi dengan syarat, latihan itu setahun sekali. Jadi bisa kita bangun dan harus koordinasi dulu dengan TNI," pungkas Basuki.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif