PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Medcom/Angga B.
PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Medcom/Angga B.

Allianz Life Syariah Bukukan Premi Bruto Rp1,107 Triliun di 2018

Angga Bratadharma • 15 Mei 2019 20:15
Jakarta: Unit Usaha Syariah (UUS) PT Asuransi Allianz Life Indonesia atau Allianz Life Syariah mencatat premi bruto sebesar Rp1,107 triliun di sepanjang 2018. Perolehan tersebut meningkat sebanyak 9,1 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
 
Pimpinan Allianz Life Syariah Yoga Prasetyo mengatakan untuk total aset tumbuh 6,4 persen atau dari Rp2,7 triliun menjadi sebesar Rp2,9 triliun pada 2018. Sedangkan dana tabarru Allianz Life Syariah di 2018 meningkat 8,3 persen menjadi sebesar Rp593,7 miliar dibandingkan dengan periode sebelumnya sebesar Rp548,3 miliar. 
 
Ia menambahkan dana tabarru adalah kumpulan dana yang berasal dari kontribusi peserta asuransi syariah dam digunakan sebagai dana tolong menolong kepada peserta lain yang terkena musibah sesuai akad tabarru yang telah disepakati 

"Pertunbuhan positif dana tabarru menunjukkan kepercayaan masyarakat yang terus meningkat dalam mengamanahkan pengelolaan perlindungan asuransi jiwa syariahnya kepada Allianz Life Syariah," kata Yoga dalam Media Gathering,di Seribu Rasa, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Hal ini, tambahnya, juga tercermin dari jumlah peserta Allianz Life Syariah yang meningkat sampai dengan 102.094 peserta pada 2018. Di sisi lain, Allianz Life Syariah terus berupaya memenuhi amanah dari para peserta dengan menyalurkan dana tabarru untuk pembayaran klaim.
 
"Dan manfaat asuransi kepada sesama peserta sebesar Rp412,2 miliar pada 2018 atau meningkat sebanyak 7,4 persen dibandingkan dengan di 2017," tuturnya.
 
Yoga menjelaskan pertumbuhan positif ini tidak lepas dari berkembangnya tren industri syariah di masyarakat dan peranan generasi milenial yang merupakan potensi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Karenannya, lanjutnya, Allianz terus berinovasi untuk memperkuat posisinya.
 
"Serta melakukan sosialisasi dan edukasi produk syariah yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan penetrasi asuransi jiwa khususnya asuransi jiwa syariah," tukasnya.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, Allianz Life Syariah secara rutin dan berkesinambungan melakukan sosialisasi dan edukasi produk asuransi syariah, baik kepada mitra bisnis keagenan sebagai garis terdepan yang menjadi ujung tombak pemasaran maupun kepada masyarakat luas.
 
"Tentunya bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara rutin ke berbagai daerah di Indonesia. Langkah lainnya adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin terutama ke kampus-kampus dan membuka akses seluas-luasnya kepada para milenial," pungkasnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan