Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Pemerintah Reaktivasi 4 Jalur Kereta Api di Jabar

Ekonomi infrastruktur jalur kereta api
Desi Angriani • 18 Januari 2019 19:17
Garut: Pemerintah kembali mereaktivasi empat jalur kereta api di Jawa Barat tahun ini. Rute tersebut meliputi Cibatu-Garut-Cikajang, Rancaekek-Tanjungsari, Banjar-Pangandaran-Cijulang dan Bandung-Ciwidey.
 
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan dua jalur tol Cibatu-Cikajang dan Cianjur-Bandung akan selesai tahun ini. Salah satu tol tersebut memiliki investasi sebesar Rp200 miliar.
 
"Kita investasi bervariasi, kalau yang saya hapal Bandung-Cianjur itu kita butuhkan Rp200 miliar," katanya di Garut, Jawa Barat, Jumat, 18 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya jalur kereta api diaktifkan kembali sebagai moda alternatif transportasi penunjang sektor pariwisata. Total yang direaktivasi ini melebihi 200 kilometer (km).
 
"Kita bisa mengaktifkan lagi aset yang sudah kita miliki yang ketiga kita bisa menemukan titik-titik lain yang jika ada suatu yang potensial, yaitu pariwisata," ungkap dia.
 
Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan PT Kereta Api Indonesia memiliki peluang besar untuk menanamkan modalnya di samping menjadi operator.
 
"Kami juga ingin menyampaikan, yang akan direaktivasi cukup banyak, BUMN kalau perlu jalan dulu, kami juga menghitung ini sebagai investasi," kata Rini.
 
Menurutnya reaktivasi sudah menjadi kebutuhan warga Jawa Barat. Terdapat potensi wisata seperti Puncak Curug, pemandian air panas, Taman Gunung Papandayan dan Guntur, Candi Cangkuang, serta Kampung Naga.
 
Adapun komoditas unggulan Garut yang dapat didistribusikan melalui kereta api misalnya olahan cokelat, hasil pertanian, hasil perkebunan, olahan kulit, dan sebagainya.
 
"Karena kita ingin meningkatkan layanan di Jabar, karena masyarakat di Jabar betul-betul membutuhkan transportasi massal. Presiden 100 persen mendukung dan mendorong," pungkasnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif