Ketua DK-OJK Wimboh Santoso. FOTO: OJK
Ketua DK-OJK Wimboh Santoso. FOTO: OJK

OJK Tunggu Pengajuan Uji Kepatutan Direksi Bank BUMN

Ekonomi ojk bumn perbankan kementerian bumn Pergantian Direksi BUMN
Eko Nordiansyah • 15 November 2019 09:41
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunggu pengajuan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) direksi bank-bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saat ini memang ada sejumlah direksi baru, termasuk posisi direktur utama di beberapa bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himbara.
 
"Kalau sudah disampaikan ke OJK kan kita segera fit and proper test," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, ditemui di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis, 14 November 2019.
 
Dirinya menambahkan OJK siap memproses dengan cepat jika sudah ada pengajuan uji kepatutan direksi bank Himbara. Meskipun perombakan direksi dalam tubuh Himbara sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau sudah disampaikan ke kita pasti kita fit and proper. Kan Himbara ada empat, saya enggak hafal satu-satu (yang belum mengajukan). Pasti kita proses dengan cepat," jelas dia.
 
Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirdjoatmodjo menyebutkan, proses pengujian di OJK membutuhkan waktu. Meski demikian, dirinya menjelaskan, bukan berarti ada penolakan terhadap direksi-direksi yang diajukan oleh Himbara kepada OJK.
 
"Itu masalah waktu saja, biasa kalau di OJK antreannya sampai berbulan. Tapi bukan berarti ditolak," kata Tiko.
 
Saat ini sejumlah wajah baru mengisi posisi direksi di bank-bank milik negara tersebut. Bahkan jabatan direktur utama di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk masih belum ada.

 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif