Kakao. ANT/Mohamad Hamzah.
Kakao. ANT/Mohamad Hamzah.

Sulteng Penghasil Kakao Terbesar Nasional

Ekonomi kakao
28 November 2017 17:12
Palu: Sulawesi Tengah hingga kini merupakan daerah penghasil komoditi kakao terbesar nasional. Hal ini diutarakan Kepala Dinas Perkebunan setempat, Nahyung Biantong. Ia mengatakan Sulteng bukan hanya sentra terbesar kakao di Indonesia Timur, tetapi di Tanah Air.
 
"Provinsi kita yang paling besar luas maupun produksi kakao di Indonesia," katanya dikutip dari Antara, Selasa, 28 November 2017.
 
Luas areal tanaman kakao Sulteng saat ini berkisar 289 ribu hektare (ha) dengan produksi per tahunnya mencapai 164 ribu ton (data 2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara produksi kakao pada 2017 ini, kemungkinan besar menurun karena pengaruh cuaca. Di sepanjang tahun ini, kata Nahyun, curah hujan di seluruh wilayah Sulteng cukup tinggi.  
 
Tingginya curah hujan akan berpengaruh besar terhadap produksi petani karena disaat hujan banyak bunga kakao akan berguguran. Jadi, kata dia, banyaknya curah hujan bisa menurunkan produksi kakao pada tahun ini.
 
Padahal pada 2015, katanya, produksi kakao petani Sulteng menurun drastis karena musim kemarau panjang.
 
Semua kabupaten/kota di Sulteng memiliki areal kebun kakao, tetapi terbesar di Kabupaten Parigi Moutong, Poso, Donggala, Sigi, Tolitoli, Morowali, Morut dan Banggai.
 
Sulteng sejak 1994 hingga 2012 setiap tahunnya mengekspor biji kakao ke berbagai negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika. Namun kurun beberapa tahun terakhir ini, ekspor kakao tidak ada lagi, kecuali antar pulau.
 
Produksi kakao petani Sulteng sekarang ini banyak dikirim ke pulau ke sejumlah daerah seperti Makassar dan Surabaya untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. Padahal pada beberapa tahun sebelumnya, produksi kakao petani Sulteng rata-rata diekspor ke luar karena industri/pabrik cokelat hanya ada di luar negeri.
 
Tetapi sejak pabrik/industri cokelat hadir di Indonesia, maka produksi kakao petani Sulteng hanya diperuntukan memenuhi kebutuhan bahan baku industri cokelat dalam negeri. Biji kakao Sulteng, selain kualitasnya terbaik, juga sangat harum sekali sehingga cocok untuk pengolahan industri cokelat. Karena itu pabrik cokelat di luar negeri sangat menyukai biji kakao ekspor dari Sulteng.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif