Bandara Ngurah Rai Bali - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Bandara Ngurah Rai Bali - - Foto: MI/ Panca Syurkani

AP I Tutup 3 Bandara Rute Tiongkok

Ekonomi Virus Korona angkasa pura 1
Annisa ayu artanti • 05 Februari 2020 21:10
Jakarta: PT Angkasa Pura I (Persero) menutup sementara beberapa bandara dengan rute penerbangan dari dan ke Tiongkok. Penutupan rute tersebut untuk mencegah penyebaran virus korona ke Indonesia.
 
Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menyebutkan penutupan tiga bandara tersebut dimulai hari ini. Antara lain; Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (scheduled flights), Bandara Sam Ratulangi Manado (chartered flights), Bandara Adi Soemarmo Solo (chartered flight).
 
"Sesuai arahan presiden terkait penghentian sementara operasional penerbangan dari dan ke Tiongkok mulai 5 Februari, beberapa bandara Angkasa Pura I sudah melakukan penutupan sementara bagi operasional penerbangan dari dari dan ke Tiongkok, bahkan sejak akhir Januari," kata Faik dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faik menjelaskan 158 penerbangan dari dan ke Tiongkok terpaksa dihentikan sementara dari penutupan tiga bandara tersebut. Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali penutupan penerbangan sementara berlaku untuk maskapai China Eastern, China Southern, Citilink, Lion Air, Xiamen Air, Garuda Indonesia, dan Sriwijaya Air.
 
Sementara itu, Bandara Sam Ratulangi, Manado diberlakukan untuk China Southern, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Xiamen Air. Untuk Bandara Adi Soemarmo, Solo, Faik menjelaskan penutupan penerbangan sementara telah diberlakukan pada 30 Januari 2020. Pada 29 Januari telah dilakukan pemulangan wisman rute Solo-Kunming, Tiongkok sebanyak 174 penumpang pukul 18.45 WIB.
 
Data Pusat Sains dan Teknik Sistem (CSSE) Universitas Johns Hopkins mencatat sedikitnya 24.560 kasus virus korona secara global di 26 negara yang mengakibatkan 493 kematian. Indonesia belum memiliki kasus yang dikonfirmasi, tetapi seorang pekerja rumah tangga Indonesia di Singapura dinyatakan positif terkena virus tersebut.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif