Mendag: Kesuksesan TEI Perlu Terus Berlanjut

Ilham wibowo 09 November 2018 18:13 WIB
trade expo indonesia
Mendag: Kesuksesan TEI Perlu Terus Berlanjut
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku senang dengan hasil pencapaian pameran dagang internasional atau Trade Expo Indonesia (TEI) 2018. Hasil transaksi fantastis hingga USD8,49 miliar itu diharapkan bisa dipecahkan pada gelaran selanjutnya.

"Target transaksi perdagangan semula USD1,5 miliar, pada Trade Expo Indonesia 2018 ini mencapai USD8,49 miliar sampai penutupan," ujar Enggar dalam paparannya di Auditorium Kemendag, Jakarta, Jumat, 9 November 2018.

Kesuksesan TEI ke-33 yang diselenggarakan 24-28 Oktober 2018 di ICE BSD City, Tangerang Banten ini meningkat hingga lima kali lipat dibanding penyelenggaraan TEI ke-32. Enggar memaparkan total nilai tersebut terdiri dari transaksi investasi sebesar USD5,55 miliar, transaksi pariwisata sebesar USD170,5 juta, dan transaksi produk dengan total USD2,73 miliar.

Adapun rincian transaksi produk asli Tanah Air itu terdiri atas transaksi produk barang dan jasa masing-masing sebesar USD1,42 miliar dan USD1,31 miliar. Semantara transaksi produk barang berasal dari transaksi MoU misi pembelian produk tercatat sebesar USD811 juta. Kemudian, transaksi langsung saat pameran USD470,65 juta, misi dagang lokal USD85,6 juta, business matching USD51,29 juta, dan Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara USD680 ribu.

"Termasuk pertumbuhan investasi dibandingkan dengan TEI ke-32 itu jauh berbeda. Promosi luar negeri bisa hadirkan banyak buyers dan kontrak dagang potensial. Saya ucapkan terima kasih kepada Bu Menlu (Retno Marsudi), kami tidak akan bergerak tanpa back up duta besar dan konsulat. Ini kerja sama erat antarkementerian dan lembaga sehingga hasilkan angka yang menggembirakan," ungkapnya.

Jumlah pengunjung dalam gelaran tahunan ini juga sukses meningkat 16,9 persen menjadi 33.333 orang dari 132 negara. Kehadiran pengunjung ini memecahkan rekor kapasitas ruangan dalam sebuah penyelenggaran kegiatan internasional di ICE BSD.

"Jumlah pengunjung dari luar negeri meningkat, paling banyak dari Saudi Arabia, Malaysia, RRT dan Jepang. Pada saat pembukaan penuh sekali, sampai tidak ada tempat dan tidak bisa bergerak," bebernya.

Transaksi potensial di TEI 2018 juga sukses membukukan 78 kesepakatan dagang dengan 28 negara. Selain itu 222 transaksi potensial senilai USD51,64 juta juga juga dilakukan dengan penandatanganan kesepakatan dengan pembeli dari 20 negara.

Enggar berharap peningkatan nilai transaksi pada penyelenggaraan TEI 2019. Rencananya gelaran TEI ke-34 di lokasi yang sama akan dilaksanakan pada 16-20 Oktober 2019.

"Semua ruangan penuh di lantai dua. Tahun mendatang kami akan diskusikan dengan  penyelenggara akan lebih meningkat. Ini kerja keras luar biasa," tandasnya.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id