Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Cabai Jadi Pemicu Inflasi 0,2% di Agustus

Ekonomi inflasi cabai
Desi Angriani • 23 Agustus 2019 15:03
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi Agustus 2019 mencapai 0,2 persen secara bulanan (mtm). Penyebab inflasi masih disebabkan oleh kenaikan harga cabai merah di sejumlah wilayah.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan cabai merah menyumbang 0,15 persen terhadap inflasi Agustus. Disusul emas perhiasan 0,07 persen, cabai rawit 0,05 persen dan tarif minum PDAM 0,01 persen.
 
"Survei pemantauan harga sampai dengan minggu ke-3 Agustus 2019 kita perkiraan untuk Agustus inflasi 0,2 persen mtm, kalau yoy 3,52 persen," ujar Perry di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 23 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun beberapa komoditas tercatat mengalami deflasi seperti bawang merah sebesar 0,06 persen dan beberapa jenis sayuran. Deflasi juga terjadi pada tarif angkutan udara sebesar 0,09 persen.
 
"Ada juga komoditas lain yang deflasi yaitu, tarif angkutan udara masih turun 0,09 persen," tuturnya.
 
Namun demikian, kenaikan harga cabai merah tak akan lama karena dipengaruhi musim kemarau. Berdasarkan hasil pemantauan di 46 kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia, produksi cabai merah diprediksi meningkat dua bulan ke depan.
 
"Di Sumut produksinya relatif banyak cuman memang dijual ke daerah lain sehingga di Sumut kenaikan tadi jadi relatif tinggi karena permintaan daerah lain. Kami meyakini ini bersifat temporer," tambahnya.
 
Ia pun optimistis inflasi hingga akhir 2019 berada di bawah titik tengah kisaran sasaran 3,5 persen. Proyeksi tersebut telah memperhitungkan potensi kemarau panjang sekaligus antisipasi oleh pemerintah.
 
"Kalau stok Bulog cukup memadai dan cukup untuk mengantisipasi pasokan beras dan beberapa komoditas lain dan kami yakini inflasi akhir tahun akan di bawah 3,5 persen," pungkas Perry.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif