Menteri BUMN Erick Thohir Jadi Pemasar Terbaik Versi MarkPlus. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Menteri BUMN Erick Thohir Jadi Pemasar Terbaik Versi MarkPlus. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

Erick Thohir Jadi Pemasar Terbaik Versi MarkPlus

Ekonomi mark plus Erick Thohir
Suci Sedya Utami • 04 Desember 2019 16:09
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinobatkan sebagai Special International Recognition on Marketing 2019 dari MarkPlus Inc yang dipimpin oleh Hermawan Kartajaya.
 
Penghargaan diberikan dalam acara Marketeer of The Year 2019 di Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019. Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Ketua MPR Republik Indonesia Bambang Soesatyo.
 
Penghargaan ini diberikan MarkPlus sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi lain yang terus menerus dilakukan dalam Media Marketing, Sport Marketing, dalam bisnis dan juga termasuk Political Marketing dalam tahun terakhir ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Erick mengatakan penghargaan yang dia terima merupakan hasil kerja sama dari tim yang bekerja keras dan bergotong royong. Dia mengatakan kesuksesan tidak bisa dicapai tanpa tim yang solid dan kerja sama.
 
"Penghargaan ini tidak hanya untuk saya, tapi juga untuk tim saya. Di Mahaka Group, di Asian Games dan saat kampanye. Tidak mungkin sukses tanpa ada tim yang solid," tutur Erick dalam acara tersebut.
 
Dalam hal pemasaran media, pria kelahiran 30 Mei 1970 ini berhasil membangun Mahaka Group. Berkat keuletannya, saat ini perusahaan tersebut berhasil menjadi salah satu holding media disegani di Indonesia.
 
Sementara di bidangolahraga, kiprah Erick Thohir tak perlu diragukan lagi. Gebrakannya mulai menjadi sorotan dunia ketika dirinya mengambil alih saham klub sepak bola ternama di Italia, yaitu Inter Milan.
 
Tidak berhenti di situ, kepercayaan yang diberikan kepada Presiden Jokowi sebagai Ketua INASGOC, membawa Indonesia menjadi salah satu penyelenggara Asian Games terbaik sepanjang sejarah.
 
Sementara dalam hal politik, pria yang berusia 49 tahun itu ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pemilihan Umum Presiden 2019. Di tangannya, pasangan Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 saat Pemilu 2019 pun berhasil memenangkan suara.
 
Kini, sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir juga terus menjadi 'marketer'. Terbaru, dirinya memasarkan kemampuan dan keahlian BUMN di Korea Selatan dalam acara KTT ASEAN-Republic of Korea (RoK).
 
Dia bilang pekerjaan marketing layaknya sebuah puzzle, jika ada bagian yang hilang, tentu hasilnya tidak akan bagus. Marketing planner, content writer, account manager, graphic designer, sales, social media specialist,dan tim lainnya semua memiliki perannya masing-masing, saling melengkapi dan harus diapresiasi.
 
Selain itu, kata Erick, marketing bukan hanya sebuah pencitraan namun perlu implementasi dan hasil. Marketing yang sukses bisa diimplementasikan dan hasilnya nyata.
 
Hal ini juga ia terapkan dalam membangun BUMN. Dia bilang penting sekali membuat tim yang penuh dengan tata kelola yang baik, yang profesional dan transparan. Meski dia mengakui pekerjaannya saat ini sangat berat. Namun dia meyakini dengan banyaknya direksi di BUMN yang juga mendapat penghargaan dalam ajang ini bisa membuat BUMN menjadi agen perubahan.
 
"Ingin membangun ekosistem yang sehat supaya pertumbuhan ekonomi baik dan terciptanya lapangan kerja konsisten sesuai denhan visi presiden," jelas Erick
 
Selain Erick, Direksi BUMN yang mendapat penghargaan dalam ajang tersebut yakni di antaranya:
1. Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori konstruksi.
2. Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori multifinance.
3. Direktur Utama PT Bhanda Graha Reksa (Persero) M Kuncoro Wibowo sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori logistik.
4. Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori properti.
5. Direktur Consumer Service PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Siti Choiriana sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori hospitality.
6. Direktur Marketing and Supply Chain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Adi Munandir sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori resources and mining.
7. Presiden Direktur PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori infrastructure and utilities.
8. Presiden Direktur PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Tumiyana sebagai The Best Industry Marketing Champion 2019 untuk kategori konstruksi.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif