BI Malut Buka Penukaran Uang hingga 8 Juni
Ilustrasi. (Foto: Antara/Wira).
Ternate: Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) akan melayani penukaran uang hingga 8 Juni 2018 melalui mobil kas keliling, guna mengantisipasi terjadinya antrean panjang masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan baru di bank.

Analisis Bank Indonesia Perwakilan Malut Lazuardi mengatakan BI tidak lagi melakukan pelayanan untuk penukaran uang jika melewati 8 Juni 2018, karena operasional BI ditutup 11-18 Juni 2018.

Oleh karena itu, mulai pelaporan LHBU akan berjalan normal setelah 19 Juni 2018, kecuali ada bank yang menyampaikan operasionalnya ke BI Malut.

Dia mengatakan, untuk waktu operasi kas keliling bervariasi, ada yang di mulai pagi hari, ada juga yang di sore hari dan untuk di luar Kota Ternate BI Malut melakukannya di seluruh sembilan Kabupaten/Kota menggunakan kapal laut, mobil sewaan ataupun menggunakan mobil kas keliling itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Malut Dwi Tugas Waluyanto sebelumnya mengatakan jika rata-rata setiap hari masyarakat melakukan penukaran, berarti antusias masyarakat mengalami peningkatan yang signifikan.

Bahkan, saat ini pihaknya menyediakan uang esenilai Rp700 miliar yang disalurkan ke semua bank di Malut untuk kebutuhan Ramadan hingga Lebaran Idulfitri nanti.

"Untuk itu, kami berharap partisipasi masyarakat dengan menukarkan uang emisi baru ke bank dan penyaluran uang emisi baru disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, namun kalau masyarakatnya tidak menukarkan uang lamanya ke bank, tentunya distribusinya juga berpengaruh," ujar Dwi, di Ternate, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 29 Mei 2018.

Dia mengatakan, uang tersebut juga akan didistribusikan ke perbankan, karena dari perbankan uang dapat mengalir ke masyarakatnya langsung serta yang distribusikan dalam bentuk nominal-nominal yang besar.

Sebab, jika dilihat dari pengalaman tahun lalu, dalam Ramadan itu banyak yang melakukan transaksi dengan jumlah besar sehingga harus didistribusikan nominal besar.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id