NEWSTICKER
Gedung Bank Muamalat. FOTO: MI/ADAM DWI PUTRA
Gedung Bank Muamalat. FOTO: MI/ADAM DWI PUTRA

Ilham Habibie Dapat Restu OJK Jadi Investor Bank Muamalat

Ekonomi ojk bank muamalat
Eko Nordiansyah • 04 Februari 2020 20:33
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merestui konsorsium Al Falah Investments Pte Ltd untuk menjadi investor PT Bank Mualamat Indonesia Tbk. Persetujuan aksi korporasi saat ini tinggal menunggu proses adiministrasi.
 
"Ini kan tinggal eksekusi, eksekusi itu proses-proses administrasi," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Dirinya menambahkan, konsorsium Al Falah yang dipimpin Ilham Habibie akan segera melengkapi dokumen untuk menjadi pemegang saham pengendali Bank Muamalat. Wimboh berharap eksekusinya bisa dilakukan secepat mungkin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kan proses kelengkapan informasi, dokumentasi, dan sebagainya. Tinggal eksekusinya. Secepatnya," ungkap dia.
 
Saat ini Bank Muamalat membutuhkan suntikan dana untuk bisa berekspansi usaha. Bank Muamalat menghadapi masalah permodalan sejak 2015. Puncaknya pada 2017, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) turun menjadi 11,58 persen.
 
Kinerja Bank Muamalat tergerus oleh lonjakan pembiayaan bermasalah atau non-performing finance (NPF). NPF bank syariat itu bahkan sempat di atas lima persen, lebih tinggi daripada batas maksimal ketentuan regulator.
 
Nantinya konsorsium Al Falah akan memegang 50,3 persen saham Bank Muamalat. Dengan demikian saham yang dimiliki oleh Islamic Development Bank akan turun menjadi 11,4 persen dari 32,7 persen dan Boubyan Bank dari 22 persen dari 7,7 persen.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif