Ilustrasi. (FOTO: MI/Amiruddin)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Amiruddin)

Butuh Satu Tahun untuk Eksplorasi Data CVR Lion Air

Ekonomi lion air Lion Air Jatuh
Nia Deviyana • 14 Januari 2019 15:51
Jakarta: Penemuan cockpit voice recorder (CVR) Lion Air bernomor registrasi PK-LQP memberikan titik terang. Namun, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan butuh waktu satu tahun untuk mengeksplorasi data-data di dalam CVR.
 
"Tergantung dari komplikasi datanya. Tapi sebenarnya satu penemuan ini memberikan waktu satu tahun. Pada akhirnya jadi kita lihat bagaimana kualitas data yang ditemukan itu bisa dieskplor sebagai suatu data," kata Budi usai mengikuti seminar di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Senin, 14 Januari 2019.
 
Kendati demikian, Budi mengapreasiasi kinerja tim Satuan Tugas (Satgas) yang berhasil menemukan CVR.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya menemukan CVR memang kita lakukan all out. Sebelumnya kita menggunakan konsultan atau kapal dari Singapura, tapi belum bisa ditemukan. Sekarang ini saya bangga justru karena ini menggunakan KRI atau kapal Angkatan Laut. Oleh karena itu saya mengapresiasi apa yang ditemukan oleh KNKT bersama TNI Angkatan Laut dan ini pasti memberikan suatu makna bagi upaya kita menemukan penyebab dari kecelakaan ini," kata dia.
 
Penemuan CVR ini diketahui penyelam komando pasukan katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) I tidak jauh dari jatuhnya area pesawat. Alat itu masih satu area dengan penemuan FDR yang telah didapatkan pada ‎Kamis, 1 November 2018.
 
Pesawat Lion Air JT 610 bernomor registrasi PK-LQP rute Jakarta-Pangkalpinang yang membawa total 181 penumpang dan delapan awak jatuh di perairan Karawang, Senin, 29 Oktober 2018. Sebanyak 125 jenazah korban berhasil diidentifikasi hingga Basarnas menghentikan pencarian korban pada 10 November 2018.
 

 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif