Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (MI/BARY FATHAHILAH)
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (MI/BARY FATHAHILAH)

Luhut: Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 15%

Ekonomi pesawat penerbangan Tarif Tiket Pesawat
Husen Miftahudin • 09 Mei 2019 06:34
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan membocorkan rencana penyesuaian Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat. Meski belum resmi diputuskan, namun ia menyebut tarif batas atas harga tiket angkutan udara itu bakal turun 15 persen.
 
Luhut mengetahui informasi itu langsung dari Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat koordinasi di kantornya pada siang hari. Rapat itu membahas harga tiket pesawat yang masih mahal.
 
"Kan sudah turun harga atas (TBA) 15 persen. Tadi (Menhub) bilang turun," ujar Luhut dalam acara Afternoon Tea di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luhut mengakui, turunnya tarif batas atas tiket pesawat sudah dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama dengan pihak maskapai. Bahkan, Garuda Indonesia sudah setuju jika TBA turun sebesar 15 persen.
 
"Garuda juga bilang yes, Menteri BUMN (Rini Soemarno) kan juga sudah bilang tuh," ucapnya.
 
Soal tarif tiket pesawat yang masih mahal, Luhut meminta masyarakat bersabar. Sebab, penurunan harga tiket pesawat tak serta merta bisa dilakukan secara langsung. "Bertahap lah, tenang saja lah," ungkapnya.
 
Dia bilang, penurunan tarif batas atas memerhatikan kondisi dan mekanisme pasar. "Kita lihat market, dan demand. Bagaimana mekanisme di market," urai Luhut.
 
Selain itu, tambahnya, pemerintah juga akan melihat faktor-faktor lain untuk bisa menurunkan harga tiket pesawat. Salah satunya bahan bakar pesawat, avtur. "Harga minyak kita minta juga supaya jangan Pertamina saja lah. Jadi supaya masuk private sector lain sehingga kalau ada kompetisi harganya itu bisa turun," pungkas Luhut.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif