UMKM. MI/Adam Dwi.
UMKM. MI/Adam Dwi.

Sampoerna Dukung Upaya Peningkatan Pemberdayaan Sektor UKM

Ekonomi sampoerna umkm
Ilham wibowo • 18 Oktober 2018 18:26
Jakarta: PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) berkomitmen mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan di Tanah Air. Pemberdayaan sektor usaha kecil menengah (UKM) bakal terus digenjot untuk berdaya saing, mandiri dan berkualitas.
 
Direktur Hubungan Eksternal dan Fiskal PT HM Sampoerna Tbk Elvira Lianita mengatakan program yang telah berjalan sejak 2007 ini ditujukan untuk mendorong perekonomian nasional maupun daerah. Dukungan pelaku usaha tradisional dilakukan melalui pemberdayaan berkelanjutan.
 
"Kami berharap upaya ini akan mampu meningkatkan jumlah pelaku UKM yang berdaya saing tinggi serta turut memutar roda perekonomian di daerahnya masing-masing," ujar Elvira dalam sebuah forum diskusi di Gedung Djakarta Theater, Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menuturkan sektor UKM semakin strategis dalam mendukung kemajuan perekonomian Indonesia. Data Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menunjukkan kontribusi sektor UKM terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen. Sektor penyerapan tenaga kerja juga tumbuh dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen.
 
"Kami fokuskan diri pengembangan UKM Indonesia melalui pengembangan berkelanjutan di pusat pelatihan kewirausahaan (PPK) Sampoerna," ungkapnya.
 
Menurut dia, dukungan kepada pelaku UKM merupakan investasi jangka panjang. PPK Sampoerna di Pasuruan Jawa timur itu kini telah mendampingi dengan jangkauan program di 79 Kabupaten/Kota dan dikunjungi lebih dari 90 ribu orang pengujung calon pengusaha.
 
"Awalnya tempat pelatihan ini untuk masyarakat sekitar tapi saat ini berkembang sudah 34 provinsi. Ada 40 ribu peserta pelatihan terpadu calon wirausahawan yang pernah berlatih di PPK Sampoerna," paparnya.
 
Pengembangan UKM di PPK Sampoerna berbasis pertanian terpadu dab teknik kejuruan tepat guna. Pendampingan dan jejaring pasar diberikan secara berkelanjutan meliputi pengemasan produk dan lebeling hingga perluasan pasar.
 
"PPK Sampoerna turut menerapkan berbagai riset terapan yang telah teruji di bidang pertanian terpadu seperti budidaya pertanian, peternakan perikanan, kultur jaringan, pengolahan pangan dan teknik industri pertanian," ucap Elvira.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif