Hari Kedua TEI 2018 Cetak Transaksi USD131,70 Juta
Trade Expo Indonesia 2018. Medcom/Ilham Wibowo.
Tangerang: Produk Tanah Air di hari kedua pameran dagang internasional atau Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 terus dibanjiri pembeli. Kementerian Perdagangan mencatat program misi pembelian kali ini mencetak transaksi sebesar USD131,70 juta.

Misi pembelian tersebut ditandai dengan penandatanganan 18 nota kesepahaman atau MoU dari para importir mancanegara yang disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Arlinda. Acara berlangsung di International Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten, Kamis, 25 Oktober 2018.

“Pada program misi pembelian di hari kedua ditandatangani sebanyak 18 MoU antara importir mancanegara dengan pelaku usaha/eksportir Indonesia dengan total nilai mencapai USD131,70 juta,” ujar Arlinda melalui keterangan resmi, Kamis, 25 Oktober 2018.

Pendatanganan MoU dilakukan dengan importir dari delapan negara yaitu Amerika Serikat, Belgia, Hong Kong, Inggris, Italia, Jerman, Mesir, dan Spanyol. Produk yang diminati antara lain kopi (green bean), keramik (tegel), plastik, rempah-rempah, gula kelapa, buah segar, buah segar, ban, minyak esensial, sabun, noodle soap, gliserin, kacang mete, etanol, furnitur dan kerajinan tangan, plastic lembaran akrilik, makanan olahan, popok, dan benang.

“Kemendag terus berupaya untuk memperluas akses pasar bagi produk Indonesia. Ini merupakan bukti kinerja perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri,” ungkapnya.

Pada hari pertama TEI 2018, program misi pembelian telah membukukan kontrak
dagang sebesar USD4,96 miliar. Jumlah tersebut dinilai memecahkan rekor tertinggi pada gelaran di hari yang sama pada tahun sebelumnya

"Dengan ini, total misi pembelian pada hari pertama dan kedua tercatat sejumlah USD5,09 miliar," tutur Arlinda.

Penandatanganan nota kesepahaman yang diperoleh dari misi pembelian ini akan terus berlanjut hingga hari terakhir pelaksanaan TEI 2018 pada 28 Oktober 2018. Perkiraan total nilai kontrak dagang acara peningkatan ekpor produk Indonesia mencapai USD5,19 miliar.

"Perolehan kontrak dagang ini dipastikan akan terus bertambah karena diperkirakan hingga hari terakhir pelaksanaan TEI 2018 lebih dari 68 MoU misi pembelian akan ditandatangani," pungkas dia.

Penandatanganan ini merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Indonesia dan Konsul Jenderal Indonesia.

Kemudian, Pusat Promosi Perdagangan Indonesia, serta komitmen yang tinggi antara eksportir dan importir untuk saling meningkatkan kerja sama dan perekonomian masing-masing negara juga turut membantu.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id