Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. FOTO: dok MI/Susanto.
Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. FOTO: dok MI/Susanto.

Syarat Dapat Kartu Prakerja

Ekonomi kartu sakti jokowi
Eko Nordiansyah • 08 Oktober 2019 10:55
Jakarta: Pemerintah Joko Widodo akan memberikan pelatihan bagi pencari kerja agar memperoleh pekerjaan atau membuka usaha baru melalui kartu prakerja. Akan ada dua juta orang yang mendapatkan kartu prakerja mulai tahun depan.
 
Dilansir Medcom.id, Selasa, 8 Oktober 2019, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi peserta kartu prakerja. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyebut persyaratan yang harus dipenuhi tidak begitu sulit.
 
"Batasannya batasan bawah yang penting 18 tahun ke atas. Tentu WNI (Warga Negara Indonesia), umur 18 tahun ke atas. Tidak sedang menjalani pendidikan formal. Paling hanya itu," kata Hanif beberapa waktu lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan tak ada batasan usia maksimal bagi penerima kartu prakerja. Menurutnya tidak perlu ada batasan apakah seseorang masih dalam usia produktif atau tidak untuk menerima kartu prakerja.
 
"Ya bisa saja (usianya di atas 60 tahun) kalau memang dia merasa masih butuh skill, why not?" ungkapnya.
 
Pemerintah akan memberikan insentif Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per orang bagi penerima kartu prakerja. Insentif tersebut diberikan hingga mencapai Rp1,5 juta per jiwa dengan jumlah mencapai dua juta jiwa.
 
Adapun anggaran yang disiapkan sekitar Rp10 triliun. Kartu ini akan didesain melalui implementasi akses 1,5 juta kartu digital dan 500 ribu kartu reguler sehingga total ada dua juta peserta.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif