Ilustrasi (MI/HARIYANTO)
Ilustrasi (MI/HARIYANTO)

Soal Pelarangan Foto

Ombudsman Imbau Garuda Perbaiki Manajemen Krisis

Antara, Annisa ayu artanti • 18 Juli 2019 08:30
Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia (RI) menyarankan maskapai Garuda Indonesia agar memperbaiki manajemen krisis usai penerbitan larangan mengambil foto atau video dalam pesawat oleh penumpang.
 
Anggota Ombudsman RI Alvin Lie mengaku sempat meminta penjelasan dari pihak Garuda mengenai kebenaran tentang tulisan tangan untuk kelas bisnis tersebut.
 
"Ternyata informasi yang sampai ke manajemen pun masih simpang siur. Saya khawatir informasi yang masih belum jelas ini simpang siur dan belum lengkap menjadi bahan pembuatan keputusan larangan foto itu," katanya, seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2019.

Akibatnya, keputusan yang dikeluarkan Garuda jadi tidak memiliki dasar fakta yang lengkap dan terverifikasi kebenarannya. Atas dasar tersebut, Ombudsman menilai, Garuda Indonesia ternyata masih sangat lemah dalam manajemen krisis dan komunikasi publik.
 
"Informasi apa yang disampaikan kepada publik tidak terkelola dengan baik," ucapnya.
 
Menurutnya, setiap lembaga tentunya akan selalu berhadapan dengan berbagai persoalan termasuk krisis atau pun malfungsi. "Yang membedakan manajemen yang baik dan yang buruk itu bukan kesalahan atau terkena krisis, tapi bagaimana kita mengelola krisis itu," pungkas dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ABD)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan