Gedung Bappenas. FOTO: Setkab
Gedung Bappenas. FOTO: Setkab

Bappenas Rancang Skema Kerja ASN Tanpa Kantor

Ekonomi ASN Kerja di Rumah
Antara • 21 November 2019 14:04
Jakarta: Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa sedang merancang kebijakan skema kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) tanpa harus ke kantor (telecommuting).
 
"Ada konsep kalau kerja lebih enak yang fleksibel kan, nah mungkin generasi-generasi ke depan juga akan dengan cara-cara seperti itu. Jadi kenapa nggak kita akomodir," ujar Suharso Monoarfa, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Kamis, 21 November 2019.
 
Ia mengatakan pihaknya bakal menguji coba konsep kerja itu pada 1 Januari 2020 oleh 1.000 ASN di lingkungan Bappenas. Jika berhasil, bukan tidak mungkin konsep kerja tanpa kantor akan diterapkan di ibu kota yang baru nantinya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita punya ibu kota baru itu adalah smart city, juga smart government, bisa fleksibel dalam hal pekerjaannya. Tetapi yang penting, mereka bisa men-deliver pekerjaannya, assignment-nya bahkan dia bisa me-reply bila ada yang kurang tepat dan seterusnya," ujarnya.
 
Dirinya mengemukakan Bappenas telah menerapkan teknologi komputasi awan (iCloud), Internet of Things (IoT), hingga blockchain. "Jadi tidak semuanya mungkin harus di dalam gedung, mungkin nanti Dirjen-dirjen tertentu tidak ada di ibu kota. Tapi tetap ada gedung bersama, ada ruang bersama yang bisa dipakai," pungkasnya.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif