Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN ke-37 (CAFEO37). FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN ke-37 (CAFEO37). FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jokowi Buka Konferensi Organisasi Insinyur ke-37 ASEAN

Ekonomi persatuan insinyur indonesia indonesia-asean
Ilham wibowo • 11 September 2019 11:05
Jakarta: Presiden RI H. Ir. Joko Widodo membuka Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN ke-37 (CAFEO37). Lebih dari 1.000 insinyur se-ASEAN hadir di JIEXPO Convention Centre and Theatre, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
"Saya resmi membuka Conferention ASEAN Federation of Engineering Organisations (CAFEO) ke-37," kata Jokowi dalam sambutannya, Rabu, 11 September 2019.
 
Pertemuan ini merupakan kesempatan baik untuk meningkatkan kerja sama di antara insinyur ASEAN. Saat ini, kebutuhan sumber daya manusia yang handal sangat dibutuhkan untuk mengakselerasi pembangunan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini terbuka kesempatan insinyur ASEAN untuk meningkatkan kerja sama, bukan saja antar insinyur tapi engineering dengan bidang ilmu lainnnya. Saya menyambut baik konferensi internasional AFEO37 ini agar ada sharing experience dan sharing technology dan best praktis agar tercipta inovasi baru dan dongkrak kemajuan di negara ASEAN," papar mantan Gubernur DKI Jakarta ini.
 
Jokowi meminta seluruh insinyur di ASEAN memperkuat tali persaudaraan sehingga kerja sama bisa terus diperkuat. ASEAN perlu terus bersatu lantaran menjadi kekuatan besar ekonomi dunia.
 
"Persaudaraan dan kerja sama antar kita di keluarga ASEAN selama ini telah berjalan sangat baik. Namun kebutuhan yang mendesak agar kerja sama kita semakin kuat terutama menghadapi keadaan ekonomi dunia yang tidak stabil dan tidak terduga," ungkap Jokowi.
 
Dalam kesempatan ini Jokowi didampingi Chairman ASEAN Federation of Engineering Organizations (AFEO) yang juga Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto. Jajaran menteri kabinet juga turut hadir seperti Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan, Menperin Airlangga Hartarto, Menhub Budi Karya Sumadi, Menristek Dikti Mohamad Nasir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Seskab Pramono Anung, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
 
AFEO/Ketua Umum PII Heru Dewanto menjelaskan CAFEO37 lebih dari sekadar acara seremoni tahunan. Konferensi yang akan berlangsung 11-14 September 2019 ini juga menjadi etalase kebanggaan yang menampilkan pencapaian pembangunan Indonesia kepada dunia internasional.
 
"Bagi kami para insinyur, tak ada lagi kebanggaan yang lebih besar saat kami melihat lompatan negeri ini dalam lima tahun terakhir. Sebuah kehormatan bagi kami menjadi bagian dari Indonesia yang tengah melaju kencang ini," ungkapnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif