Pekerja harus selalu menerapkan K3 di lingkungan kerja (Foto:MI/Bary Fathahilah)
Pekerja harus selalu menerapkan K3 di lingkungan kerja (Foto:MI/Bary Fathahilah)

Pendidikan Pengaruhi Kesadaran Pekerja akan Pentingnya K3

Ekonomi berita kemenaker
Gervin Nathaniel Purba • 11 Juli 2019 14:01
Jakarta: Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kerap diabaikan oleh masyarakat. Mereka tidak menyadari betapa pentingnya penerapan K3 di lingkungan kerja.
 
Menurut Direktur Jenderal Pembinaan, Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PPK K3) Kemenaker Sugeng Priyanto, ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat tidak peduli pada penerapan K3 di lingkungan kerjanya. Salah satunya terkait status sosial seseorang.
 
Semakin tinggi status sosial seseorang (dilihat dari latar belakang pendidikan), maka kesadaran akan K3 juga semakin tinggi. Mereka memberikan perhatian serius terhadap penerapan K3 di lingkungan kerjanya dibandingkan orang yang berpendidikan rendah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada level rendah, orang bisa dapat pekerjaan saja sudah bersyukur, sehingga kesadaran akan K3 tidak terpikirkan," ujar Sugeng, ditemui di Menara Peninsula, Jakarta Barat, Kamis, 11 Juli 2019.
 
Contoh abai terhadap pentingnya K3 ialah masih ada pekerja yang tidak mau menggunakan perangkat pengamanan ketika sedang bekerja. Hal ini menjadi tantangan besar Kemenaker untuk meningkatkan kesadaran keselamatan bekerja.
 
"Ada orang yang disuruh pakai helm saja marah karena risih. Padahal, itu untuk menjaga benturan di kepala. Tidak semua orang mudah menerima hal itu," kata Sugeng.
 
Melihat kenyataan tersebut, Sugeng menyadari upaya untuk mengampanyekan kesadaran K3 di lingkungan kerja memerlukan waktu yang panjang. Target untuk mewujudkan nihil kecelakaan (zero accident) sepertinya masih sulit terealisasi dalam waktu dekat.
 
"Jadi untuk membudayakan ini perlu waktu sampai mereka betul-betul sadar," kata Sugeng.
 
Sugeng tetap optimistis kesadaran terhadap pentingnya K3 akan terus meningkat. Kemenaker juga tidak akan menyurutkan semangatnya agar terus menyosialisasikan pentingnya penerapan K3 ke masyarakat dan dunia usaha.
 
"Harus lebih banyak mengampanyekan, termasuk teman-teman dari media juga harus ikut mengampanyekan ini," ucap Sugeng.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif